Situs Belajar Coding Terbaik dan Gratis!

Apa itu coding?

Coding adalah suatu proses menulis, merangkai, menguji hingga memperbaiki perintah berbentuk bahasa yang dapat dipahami oleh seorang programmer dan mengikuti syntax atau aturan penulisan dari bahasa pemrograman.

Belajar coding telah berkembang dari awalnya sekedar hobi, sampai menjadi suatu karir yang menjanjikan. Nah, sekarang Anda juga dapat belajar coding secara online tanpa perlu membayar. Meskipun mungkin saat ini belum ada keinginan untuk belajar coding, perlu dikertahui kalau menguasai bahasa pemrograman ini akan mendatangkan keuntungan bagi Anda yakni :

  • Anda dapat mengelola website dengan lebih baik
  • Anda tidak lebih bebas dalam membuat dan mengelola aplikasi, website, dan projek lainnya
  • Anda juga tidak perlu menyewa jasa developer untuk membuat dan mengembangkan website

Apa tujuan coding?

Tujuan dari kegiatan coding ini adalah sebagai bentuk komunikasi yang dilakukan oleh manusia terhadap mesin komputer untuk melaksanakan tugas tertentu atau memecahkan suatu masalah. Website atau program aplikasi merupakan produk yang diperoleh dari kegiatan coding.

Ingin berkarir sebagai programmer, membuat website, atau membuat projek pribadi, maka tutorial belajar coding untuk pemula ini sangat cocok untuk Anda. Simak berikut ini beberapa situs belajar coding gratis yang telah dirangkum dari berbagai sumber dimana Anda bisa mempelajari soal coding secara gratis.

Free Code Camp

situs web untuk belajar coding

Fee Code Camp termasuk website/ situs belajar coding yang saat ini masih berkembang. Website ini menyediakan pembelajaran yang sudah dipisahkan antara FrontEnd, Visualisasi Data, BackEnd, dan beberapa bagian lainnya. Anda juga bisa mencari dari website ini dan mendapatkan sertifikat yang ingin didapatkan.

Code Academy

Code Academy adalah salah satu situs yang paling banyak dibuka dan dimanfaatkan oleh orang-orang yang ingin belajar coding dengan cuma-cuma. Sudah lebih dari 24 juta orang yang mendaftar di platform situs belajar coding ini.

Code Academy menawarkan berbagai kursus, mulai dari pengenalan programming sampai ke bahasa pemrograman tingkat lanjut. Pada website belajar coding ini, Anda bisa akan memperoleh pendekatan dan metode pembelajaran yang interaktif sehingga Anda bisa langsung mengaplikasikan yang telah dipelajari. Tersedia konten coding dengan waktu belajar lebih dari 300 juta jam yang cocok baik untuk pemula maupun working programmer.

Coursera

Coursera adalah platform pembelajaran online di seluruh dunia yang didirikan pada 2012 oleh profesor ilmu komputer Stanford Andrew Ng dan Daphne Koller yang menawarkan kursus online terbuka besar, spesialisasi, gelar, kursus profesional dan mastertrack, diulas dari wikipedia.org.

Coursera  menawarkan kursus berbasis coding, resource yang langsung diajarkan profersor tingkat universitas, dan tutorial. Untuk mengelola dan mengembangkan kursus online ini, coursera bekerja sama dengan beberapa guru terbaik dai berbagai universiter top. Hal ini berarti Anda akan belajar coding langsung dari ahlinya. Setiap kursus di situs ini tidak akan memungut bayaran. Anda bisa memilih satu dari ratusan kursus terkait coding.

Udemy

Website/situs belajar coding ini juga tidak semuanya gratis akan tetapi Anda bisa mencari kursus yang free sehingga bisa memulai belajar tanpa harus memikirkan biaya yang harus dikeluarkan kecuali koneksi internet. Anda bisa mencoba mencari kursus apa saja yang disediakan di website ini melalui kolom pencarian dengan kata kunci “free”. Udemy menawarkan layanan yang sangat lengkap. Mulai dari kursus kesehatan, bisnis, matematika, musik, bahasa, fotografi, dan masih banyak lainnya. Website ini mirip dengan Coursera yang menawarkan layanan yang sama.

Code.org

website situs belajar coding gratis

Situs belajar coding yang satu ini adalah Code.org yang dibuat dengan tujuan untuk menjadikan programming sebagai bagian dari kurikulum pendidikan umum atau regular. Untuk metode pembelajarannya, Anda bisa memilih sesuai keinginan dan kebutuhan Anda. Misalnya, Anda bisa membaca tutorial satu jam atau pendekatan yang lebih terstruktur. Anda juga bisa memanfaatkan katalog berbagai kursus yang terbagi ke dalam tingkatan umur mulai dari K-5, 6-12, dan universitas.

HackerRank

website situs belajar coding adalah

Sudah sedikit menguasai pemograman, Anda bisa menguji kemampuan anda di website ini dengan menyelesaikan beberapa permasalahan yang diberikan. Banyak programmer menggunakan HackerRank untuk mengasah kemampuan mereka.

Anda bisa mendapatkan poin dengan menyelesaikan permasalahan dan meningkatkan posisi Anda di papan peringkat. Filosofi mereka “Learn By Doing” jadi Anda bisa menggunakan website ini untuk berlatih selagi mengikuti kursus lain.

edX

belajar coding online gratis

 

Situs belajar coding gratis yang satu ini penyedia kursus online terbuka besar yang dibuat oleh Harvard dan MIT. Itu host kursus tingkat universitas online dalam berbagai disiplin ilmu untuk badan siswa di seluruh dunia, termasuk beberapa kursus tanpa biaya.

Situs edX terbagi ke dalam beberapa kategori berbeda, yang jauh melampaui pemrograman. Karena Anda hendak belajar coding, maka Anda bisa mendapatkan informasi yang mumpuni di kategori ‘Computer Science’. Di platfrom ini, Anda akan mendapatkan akses untuk mempelajari tutorial yang memuat tentang bahasa pemrograman, seperti:

  • HTML dan CSS
  • Java
  • jQuery
  • C++
  • C#
  • Python
  • SQL
  • Mobile app development

edX juga menawarkan kursus berbayar. Namun tenang saja, Anda masih bisa mendapatkan material kursus gratis untuk mempelajari dasar-dasar coding.

CodeAvengers

CodeAvengers menawarkan cara belajar membuat aplikasi, game, dan website secara langsung. Anda juga bisa belajar bahasa pemograman seperti Python, HTML & CSS, Javascript dan banyak lainnya.

Website ini membedakan kursus dengan menggunakan nama ProCourses, School Teacher, dan JrCoursesJrCourse ditujukan untuk orang tua atau anak – anak seumuran 5 sampai 14 tahun yang ingin belajar bagaimana pemograman bekerja. Website ini juga terkadang mengadakan code camp yang sudah diselenggarakan di beberapa negara, sayangnya sampai dengan saat ini belum pernah mengadakan di Indonesia.

Nah, selain itu ada juga aplikasi terbaru yakni Microsoft Teams yang dapat mempermudah Anda dalam bekerja dengan menyediakan fitur percakapan kerja, rapat, video, menyimpan berkas, dan integrasi aplikasi.

Kesimpulan

Menentukan akan menggunakan website yang sesuai dengan karakteristik Anda. Karena pasti setiap orang memiliki karakteristik jenis belajar yang berbeda. Menemukan kesulitan itu pasti, namun yang terpenting adalah konsisten dan tetap fokus apa yang telah dipilih untuk situs belajar coding.