Tips Cara Mengobati Sakit Gigi Dengan Mudah

Tips cara mengobati sakit gigi – Diulas dari halodoc.com Sakit gigi merupakan salah satu kondisi dimana munculnya rasa nyeri pada sekitar gigi dan rahang yang mempunyai tingkat keparahan yang bervariasi. Pada umumnya, nyeri saat sakit gigi bisa terasa ketika pengidap mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas atau dingin, serta terjadi pada malam hari. Jika kamu membeli obat sakit gigi jangan asal membeli saja, ketahui juga efek sampingnya seperti pusing, gatal – gatal pada kulit, sakit perut, mual , muntah, diare. Dengan begitu kamu harus hati – hati memilih obat.

Baca juga : Cara Membuat Pempek Ikan Tenggiri Dengan Mudah

Berikut ini tips cara mengobati sakit gigi, ayo simak ulasan dibawah ini :

1. Obat sakit gigi cap burung kakak tua

Tips cara mengobati sakit gigi

Tips cara mengobati sakit gigi yang satu ini sangat manjur sekali digunakan untuk mengobati sakit gigi. Tidak hanya obat yang terbuat dari bahan kimia, ada pula obat sakit gigi yang manjur terbuat dari bahan herbal. Kandungan yang terdapat pada obat ini adalah senyawa gliserin, creosote, oleum caryophylli, dan ethanol. Kandungan tersebut mampu mengatasi sakit gigi, gusi bengkak, dan membersihkan gigi dari kuman yang menempel. Cara memakainya ditempelkan langsung ke gigi yang sakit menggunakan kapas atau dengan cara kumur – kumur.

Baca juga : Tips Cara Alami Menghilangkan Jerawat

2. Minyak cengkeh

Tips cara mengobati sakit gigi dengan mudah

Tips cara mengobati sakit gigi dengan menggunakan minyak cengkeh, dapat mengatasi rasa sakit yang berkepanjangan. Minyak cengkeh ini sebagai obat sakit gigi yang paling ampuh digunakan karena alami dan tidak mengandung bahan kimia, sehingga aman digunakan.

Minyak ini juga mengandung senyawa eugenol sebagai zat anestesi alami yang disinyalir bisa membantu mematikan saraf sementara. Cara penggunaannya harus menggunakan kapas lalu di tempelkan ke gigi yang sakit. Jangan sembarangan menuang minyak cengkeh ke mulut, karena rasa sakitnya bisa semakin parah jika sampai meneteskannya ke lidah atau gusi yang sensitif.

3. Mengunyah Bawang putih

Tips cara mengobati sakit gigi

Berikut ini tips cara mengobati sakit gigi bisa juga menggunakan bawang putih. Bawang putih ini mengandung anti septik yang bisa dimanfaatkan untuk meredakan sakit gigi yang paling ampuh pada gigi yang berlubang karena bawang putih mampu melepaskan allicin serta menghasilkan minyak secara alami yang dapat melawan bakteri.

4. Cuka sari apel

Tips cara mengobati sakit gigi

Tips cara mengobati sakit gigi menggunakan cuka apel ini terdapat kandungan antibakteria dan antimikrobal yang sangat ampuh untuk meminimalisir rasa sakit yang ditimbulkan akibat sakit gigi.

Untuk meredakan sakit gigi dengan menggunakan cuka apel cara pertama yaitu campurkan 1 sdm cuka apel dengan segelas air putih hangat. Kemudian air tersebut digunakan untuk kumur – kumur hingga rasa sakitnya hilang. Bisa juga menggunakan kapas lalu teteskan cuka apel secukupnya lalu ditempelkan pada gigi yang sakit.

5. Hersagi

Tips cara mengobati sakit gigi menggunakan hersagi. Hersagi merupakan obat herbal sakit gigi yang sangat manjur. Antiseptik pada obat ini berguna untuk mengobati sakit gigi yang tidak tertahankan juga menyegarkan bau pada mulut akibat gigi berlubang. Komposisi dari hersagi terdiri dari zaitun oil, caryophylli, oleum menthae, dan bahan tambahan lain yang sangat berguna untuk meredakan rasa nyeri akibat sakit gigi.

Selain melakukan tips beberapa hal ini juga perlu dihindari saat kamu mengalami sakit gigi, antara lain:

  • Hindari mengonsumsi obat antibiotik secara sembarangan tanpa resep yang diberikan oleh dokter gigi. Hal ini berisiko memunculkan efek samping atau komplikasi lainnya jika penggunaan tidak tepat.
  • Mengikuti cara-cara yang belum terbukti kefektifannya atau kebenarannya. Seperti, memasukkan minyak-minyak ke dalam gigi yang berlubang atau obat-obat lainnya.
  • Alih-alih ingin mendapatkan perawatan dengan harga murah, sebaiknya hindari berobat ke tukang gigi yang tidak memiliki izin praktik resmi dan kompetensi dalam menangani masalah kesehatan gigi.
  • Hindari mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas, terlalu dingin, ataupun yang bersifat asam dan pedas. Sebab, hal ini dapat mengiritasi gigi dan semakin menimbulkan rasa nyeri.

Pencegahan Sakit Gigi

Berikut ini hal-hal yang harus dilakukan agar tidak terserang sakit gigi :

  • Bersihkan gigi dengan menggosok gigi setidaknya tiga kali sehari.
  • Kurangi mengonsumsi makanan atau minuman yang kandungan gulanya tinggi.
  • Periksakan gigi ke dokter gigi secara teratur, yaitu setiap 6 bulan sekali.

Demikianlah tips cara mengobati sakit gigi, semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan Anda. Lihat artikel yang bermanfaat lainnya.

Terima kasih!