Tips Cara Alami Menghilangkan Jerawat

Tips cara alami menghilangkan jerawat. Diulas dari alodokter.com jerawat adalah masalah kulit yang terjadi ketika folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minya dan sel kulit mati. Kondisi ini pada umumnya ditandai dengan munculnya bintik – bintik pada beberapa bagian tubuh, seperti di wajah, leher, punggung, dan dada.

Baca juga : Cara Membuat Spaghetti Veggie Carbonara

Kemungkinan penyebabnya dikarenakan perubahan hormon yang merangsang kelenjar minyak dikulit. Perubahan hormon ini lainnya yang dapat menjadikan pemicu tumbulnya jerawat seperti menstruasi, stres, jarang mencuci muka atau terlalu sering mencuci muka juga menyebabkan munculnya jewarat, pemakaian pil KB, kehamilan, tidak cocok memakai skin care atau gonta ganti skin care, faktor keturunan, paparan panasnya matahari, debu, polusi, dan masih banyak lagi penyebab yang lainnya.

Jika muka anda memiliki jerawat yang sangat meradang, baiknya hentikan dulu pemakaian bedak atau skincare, bisa jadi penyebab munculnya jerawat akibat tidak cocok memakai produk yang kamu gunakan saat ini.

Berikut ini tips cara alami menghilangkan jerawat, ayo simak ulasan di bawah ini :

1. Es batu

Tips Cara Alami Menghilangkan Jerawat

Kamu bisa menggunakan solusi ini untuk menghilangkan jerawat dengan es batu. Es batu mampu mengurangi jerawat yang meradang pada kulit wajah yang berjerawat. Cara pertama bersihkan terlebih dulu wajah kamu dengan air hangat dengan perlahan “hindari penggunaan sabun cuci muka atau scrub.” Lalu oleskan es batu dan daun sirih pada wajah selama 5 sampai 6 menit lakukan 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selain itu es batu juga bisa mengecilkan pori pori, menghilangkan kantung mata, menghambat penuaan dini, dan melindungi dari paparan panas matahari.

2. Alpukat

Tips Cara Alami Menghilangkan Jerawat

Nah tips cara alami menghilangkan jerawat juga bisa menggukan alpukat yang sering digunakan sebagai masker kulit ini ternyata juga dapat Anda manfaatkan untuk menghilangkan jerawat secara alami. Dimana kandungan vitamin E mampu membuat kulit menjadi lembut dan mampu mengurangi peradangan pada kulit berjerawat. Caranya, ambil daging buah alpukat. Kemudian haluskan hingga membentuk masker, setelah itu Anda bisa menambahkan 1 sendok madu. Oleskan pada wajah secara merata, diamkan selama 20 – 30 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Alpukat mengandung vitamin E yang mampu membuat kulit menjadi lembut dan mengurangi peradangan pada kulit yang berjerawat. Alpukat ini sangat sering di gunakan sebagai masker kulit, bahkan bisa juga mencerahkan dan melembabkan kulit.

  • Caranya ambil daging buah alpukat, tomat, dan 1 sdt madu
  • Kemudian campurkan hingga berbentuk pasta
  • Setelah itu olehkan secara rata pada area wajah
  • Tunggu hingga 10 – 20 menit.
  • Lalu bilas dengan air seperti biasa.

Jika cara alami ini tidak cocok pada wajah kamu, sebaiknya hentikan dan coba cara alami yang lainnya.

3. Putih Telur

Tips cara alami menghilangkan jerawat

Selanjutnya tips cara alami menghilangkan jerawat menggunakan putih telur juga sangat banyak sekali manfaatnya untuk wajah yaitu dapat mengencangkan kulit, menghilangkan komedo, mengangkat sel – sel mati, mengurangi wajah yang berminyak, dan mencegah munculnya jerawat. Kandungan enzim lysonzim didalam putih telur ternyata sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat.

  • Caranya yang pertama pisahkan putih telur dari kunignya
  • Kemudian kamu campurkan dengan perasan lemon atau bisa juga menggunakan 1 sendok teh madu
  • Setelah itu olehkan hingga merata pada wajah
  • Lalu diamkan selama 10 – 15 menit kemudian bilas dengan air bersih.

4. Cuka sari apel

Tips cara alami menghilangkan jerawa secara mudah

Ada juga nih tips cara alami menghilangkan jerawat menggunakan cuka sari apel. Cuka sari apel adalah cuka yang dibuat dari jus apel yang difermentasi, dan digunakan dalam dressing salad, bumbu perendam, vinaigrettes, pengawet makanan, dan salam.

Nah selain itu cuka juga kaya vitamin dan manfaat seperti dapat meningkatkan energi, memperbaiki kesehatan pencernaan, menghilangkan kutih, menghilangkan ketombe, membersihkan pori – pori, mengencangkan kulit, melancarkan sirkulasi darah, mengatasi jerawat, memudarkan bekas jerawat, dan masih banyak lagi manfaat yang lainnya. Kandungan asam suksinat dan asam organik yang terdapat pada cuka ini telah terbukti dapat menekan peradangan yang disebabkan oleh bakteri yang dapat mencegah jaringan parut.

  • Caranya campurkan cuka apel dengan air perbandingan 1:3
  • Kemudian cuci muka dengan air bersih, lalu keringkan
  • Setelah itu gunakan bola kapas untuk mengaplikasikan campuran cuka apel dengan air ke jerawat
  • Diamkan selama 3-5 menit, lalu basuh wajah dengan air bersih lalu keringkan.
  • Lakukan hingga 1-2 kali dalam sehari.

Demikianlah tips cara alami menghilangkan jerawat, semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan Anda. Lihat artikel yang bermanfaat lainnya.

Terima kasih!