Suami Jual Ginjal Istri Demi Melunasi Utang Mahar

Dalam sebuah pernikahan persoalan mas kawin sangat sensitif. Mas kawin menjadi aspek penting sekaligus dalam pernikahan. Kasus jual beli ginjal marak lagi di India. Kali ini yang jadi korban adalah seorang perempuan dengan pelaku suami sendiri.

Sekalipun sudah menikah, mas kawin kerap menjadi masalah. Seperti yang dialami pengantin wanita di Kolkata, India, ini. Cuma perkara ongkos mas kawin saja, pengantin wanita ini hidupnya nyaris di ujung tanduk.

Suami jual ginjal Istri, bagaimana tidak, peliknya urusan mas kawin ini membuat pengantin wanita sampai kehilangan sebelah ginjalnya. Mungkin kata “kehilangan” kurang tepat untuk menggambarkan kondisi pengantin wanita ini.

Biswajit, nama pria itu. Dia diam-diam menjual ginjal istri sendiri demi melunasi dowry.

Dowry adalah mahar yang diberikan keluarga istri untuk memenuhi permintaan keluarga suami. Nominal dowry yang diajukan tidak sedikit. Kira-kira 200.000 rupee India atau setara Rp 42,3 juta.

Kejadian Berawal Dari sang Adik Ipar

Rita dibawa kembali ke rumah sakit di Kolkata dalam keadaan terkapar. Dokter yang memeriksa Rita menyebut dia terkena rada usus buntu.

Kejadian berawal ketika ada seorang pengantin wanita bernama Rita Sarkar ditawarkan sekaleng minuman ringan dari sang adik ipar.

Usai meminum minuman tersebut, Rita Sarkar mengeluhkan sakit perut yang teramat sangat

Setelah mendapatkan pemeriksaan, sang suami dan dokter mengatakan bahwa Rita Sarkar terkena radang usus buntu dan harus menjalani operasi

Biswajit tidak sendiri dalam menjalankan tugas ini. Dia dibantu sang adik dan satu rumah sakit sebagai tempat “pengambilan ginjal”.

Dikutip dari Hindustan Times pada Jumat, 9 Februari 2018, ginjal kepunyaan Rita Sarkar dijual Biswajit ke seorang pengusaha. Hasil penjualan organ itu dirasa cukup membayar “utang” mahar yang tertunggak lumayan lama.

Suami jual ginjal Istri, kisah pahit yang menimpa Rita ini terjadi pada 2016. Kala itu dia mengaku sedang sakit pada bagian perut. Setelah meminum minuman ringan pemberian sang adik ipar, yang dikutip dari Liputan6

suami menjual ginjal istri demi lunasi utang mahar,

“Suami saya dan dokter mengatakan saya akan baik-baik saja setelah menjalani operasi untuk mengangkat usus buntu saya,” kata Sarkar.

Anehnya, setelah operasi Sarkar diminta sang suami untuk tidak cerita pada siapapun.

Tetapi tak hanya itu, penyakit yang dialaminya semakin parah. Oleh keluarganya Sarkar dilarikan lagi ke Rumah Sakit untuk dilakukan USG.

Betapa kagetnya pihak keluarga bahwa ginjalnya hilang sebelah. Dari situ, Sarkar akhirnya menyadari gelagat aneh sang suami usai operasi.

“Suami saya telah menjual ginjal saya karena keluarga saya tidak mampu membayar mas kawin,” Kata Sarkar.

keluarga sang suami minta mas kawin senilai 200.000 rupee India atau sekitar Rp 42,3 juta.

Namun lantaran lahir dari keluarga tak berada, Rita Sarkar terpaksa berutang. Inspektur Polisi Udayshankar Roy mengatakan, suami Rita Sarkar dan adiknya, Shyamal, langsung ditangkap.

Kepada polisi, suami Sarkar mengaku telah menjual ginjal istrinya ke seorang bandar di pasar gelap penjualan organ di Chhattisgarh.

Roy menuturkan, dia telah membentuk tim untuk menginvestigasi jaringan perdagangan organ manusia di sana.

“Kami juga akan menggerebek rumah sakit di Kolkata karena mereka membantu aksi penjualan organ itu,” kata Roy. Dikutip dari TribunMedan.