Seleksi CPNS Kemungkinan di Buka Lagi Tahun 2021

Seleksi CPNS Kemungkinan di Buka Lagi Tahun 2021 – Dikutip dari kompas.com, Pemerintah tidak akan membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil pada tahun 2020. Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo mengatakan, seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil ( CPNS) kemungkinan akan dibuka kembali pada tahun 2021.

Namun, kondisi tersebut tetap akan melihat kebutuhan dan ketersediaan anggaran pemerintah. “Tahun 2020 tidak ada penerimaan ujian CPNS. Kemungkinan baru dibuka CPNS pada 2021,” ujar Tjahjo dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Selasa (7/7/2020).

“Alokasi (kebutuhan PNS) belum bisa ditentukan. Nanti melihat kebutuhan dan ketersediaan anggaran,” tuturnya.

Tahun anggaran 2020, tidak ada (penerimaan PNS),” ujar Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas BKN Paryono. Salah seorang sumber merdeka.com mengatakan pemerintah harus membatalkan penerimaan CPNS 2020 disebabkan karena anggaran seleksi yang direalokasi untuk penanganan virus corona di Indonesia. Namun, saat diminta konfirmasi akan hal ini, Paryono tidak memberikan tanggapannya.

Hal yang sama juga berlaku untuk sekolah kedinasan.

Seleksi CPNS Kemungkinan di Buka Lagi Tahun 2021

Namun, kata Tjahjo, penundaan seleksi seperti itu tidak berlaku untuk sekolah khusus Badan Intelijen Negara (BIN).

Baca juga : Gempa Banten Sangat Terasa Kuat Hingga Jakarta

“Itu tidak termasuk untuk sekolah khusus BIN,” tuturnya.

Lebih lanjut Tjahjo menegaskan, alasan peniadaan CPNS yakni karena rangkaian seleksi CPNS 2019-2020 baru saja selesai. Kemudian, para calon PNS yang telah terseleksi belum semuanya dilantik karena ujian wawancara dan lain-lain ditunda. “Sebab, ada pandemi Covid-19. Maka, alokasi 2020 dialihkan untuk 2021,” tutur Tjahjo.

Sementara itu, menurut Tjahjo, seleksi CPNS formasi 2019 yang sempat tertunda akan tetap dilanjutkan dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19. Adapun Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Hari Wibisana mengatakan, tes seleksi kompetensi bidang (SKB) CPNS 2019 akan dilaksanakan pada Agustus-Oktober 2020.

SKB rencananya akan digelar paling lambat pada September 2020. Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi Tahun 2019 akan digelar setelah pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Sekolah Kedinasan (Dikdin) Formasi 2020. Namun hal itu tetap menyesuaikan dengan status kedaruratan pandemi Covid-19 di Indonesia.