Resep dan Cara Membuat Dodol Betawi

Berita terkini! – Resep dan cara membuat dodol betawi – Indonesia memiliki kekayaan rempah – rempah yang sangat banyak sekali bebagai macam makanan yang bentuk dan cita rasanya sangat unik – unik. Bahkan makanan Indonesia pun sampai menjuru ke berbagai negara. Dilansir dari wikipedia.org. Dodol betawi adalah jenis dodol khas suku  betawi. Dodol betawi hitam kecokelatan dengan variasi rasa – rasa yang lebih sedikit daripada dodol dari daerah lainnya. Resep dan cara membuat dodol betawi, cara pembuatannya pun sangat sulit, sehingga banyak dari berbagai negara yang gagal mencobanya.

Namun, dalam pembuatannya memerlukan waktu yang sangat lama tidak sesederhana tampilannya, waktu yang di gunakan yaitu 8 hingga 10 jam hingga mendapatkan record memasak paling dala sedunia. Memasaknya tergantung dengan kondisi apinya, hal ini sangat berpengaruh pada kualitas dodol yang tidak padat, akibat api yang terlalu besar membuat dodol nantinya akan berbau sangit dan hangus.

Resep dan cara membuat dodol betawi, harus memiliki tingkat kesabaran yang tinggi dan membutuhkan 2 orang untuk mengaduknya agar tidak hangus. Apabila selama memasak kamu kurang memperhatikan adonannya, maka dodolnya akan gagal, maka dari itu harus sangat diperhatikan dengan betul – betul. Jika kamu berhasil membuatnya, berarti kamu bisa jadi orang yang cukup handal dan penyabar. 

Berikut ini cara membuat dodol betawi :

Bahan – bahan :

  • 700 gr gula merah
  • 1 kg beras ketan hitam atau putih 
  • 700 gr gula pasir
  • 3 lembar daun pandan
  • 1 1/4 liter santan kelapa murni

Cara membuatnya :

  1. Pertama, masak santan hingga mendidih bersama dengan gula pasir, gula merah, dan dauh pandan.
  2. Aduk perlahan jangan sampai santan pecah
  3. Kemudian, saring campuran tadi bersama – sama dengan tepung beras ketan.
  4. Lalu, aduk secara perlahan dan gunakan (api kecil)
  5. Setelah itu, pastikan kayu pengaduknya mencapatkan dasar wajan agar tidak bagian bawah dodol tidak hangus 
  6. Kemudian, masak hingga adonan mengental dan tidak lengket lagi di wajan.
  7. Setelah itu, pastikan juga adonannya benar – benar matang
  8. Setelah matang, siap untuk di hidangkan. Selamat mencoba!

Demikianlah resep dan cara membuat dodol betawi, semoga menambah pengetahuan dan wawasan kamu. Lihat artikel lainnya yang bermanfaat.

Terima kasih.