Menghasilkan Uang Dengan Membuat Kerajinan Tangan

PandemiCovid19Kini masih menambah jumlah korban. Beberapa upaya terus dilakukan oleh pemerintah untuk mencegah atau memutuskan mata rantai penyebaran covid19 ini. Untuk mencegah penyebaran, virus ini salah satu himbauan pemerintah untuk melakukan aktivitas #dirumahaja.

Nah, selama #dirumahaja, kamu bisa melakukan hal – hal yang kreatif untuk menghasilkan uang tambahan. Apa saja idenya? dengan cara membuat beberapa barang dari kain flanel yang tidak begitu banyak mengeluarkan banyak modal. Kamu bisa menjualnya dengan cara membuka toko di lazada, shopee, bukalapak atau bisa juga kamu mempromosikannya di sosial media yang kamu miliki.

Baca juga : Cara Membuat Dimsum Ayam Enak dan Mudah

Kain flanel adalah salah satu kain yang paling sering digunakan untuk membuat boneka atau sekedar membuat kerajinan tangan. Kain flanel banyak digunakan sebagai kerajinan tangan karena harganya relatif murah dan sangat mudah di bentuk. 

Kerajinan dari kain flanel ini sudah tidak asing lagi. Bahkan, banyak orang yang memanfaatkannya untuk membuat berbagai macam bentuk. Contihnya seperti, membuat tas, kotak pensil, dompet, bunga hias, gantungan kunci, sarung bantal, kotak tisu, dan masih banyak lagi yang lain. Kain flanel sangat mudah dijumpai dipasaran dan jenisnya ada yang bercorak dan polos.

Untuk peralatan yang digunakan pun sangat simple dan mudah:

  1. Kain flanel sesuai warna yang kamu inginkan
  2. Pensil/bolpoin/spidol
  3. Cutter atau gunting
  4. Lem tembak 
  5. Manik – manik bila perlu
  6. Benang sulam atau benam jahit
  7. Jarum
  8. Dacron bila perlu

Berikut dibawah ini tips cara menghasilkan uang hanya menggunakan berbahan dasar kain flanel. Ayo simak dibawah ini :

1. Gantungan kunci

Menghasilkan uang dengan membuat kerajinan, kamu bisa membuat kerajinan tangan dari kain flanel menjadi gantungan kunci, sangat cocok. Banyak juga kita jumpai di luaran sana yang berbahan kain flanel menjadi gantungan kunci. Untuk peralatannya pun sama seperti di atas, hanya saja kamu tinggal menambahkan gantungan kunci yang polos aja. 
Cara membuatnya pun sangat mudah :

  • Pertama, gambar pola gantungan kunci yang kamu inginkan. buatlah dengan menggunakan pensil atau spidol untuk membuat pola. Jangan terlalu tebal, kamu bisa membuatnya dengan bayangan sketsa selebat 1- 3 cm untuk tempat menjahit nantinya.
  • Gunting pola tersebut. Kamu bisa memadukannya dengan warna lain
  • Gabungkan 2 lembar flanel dan jahit. Jangan di jahit semua, biarkan sisi atasnya terbuka sedikit. Gunanya untuk memasukkan dacron agar gantungan kunci lebih berisi.
  • Setelah dacron di isi ke dalam 2 lembar kain flanel. Setelah itu jahit lagi kain flanel yang terbuka sedikit tadi
  • Kemudian, berikan hiasan untuk mempercantik.
  • Pasang gantungan kunci
  • Oke, gantungan kunci kamu sudah selesai dan siap dipasarkan.

2. Sampul buku

Menghasilkan Uang Dengan Membuat Kerajinan Tangan

Sampul buku harian kamu kusam? Kamu bisa juga membuat kain flanel di jadikan menjadi sampul buku. Buat saja dengan cara memotong 2 kain flanel sesuai panjang, lebar, dan tebal buku kamu. Tambah 2cm untuk sampul dan 2 helai berukuran kecil untuk pengaitnya. Untuk bahannya pun sama juga seperti di atas.

Hias bagian sampul depan buku kamu agar lebih bagus. Lalu, tumpukkan kedua helai sampul kain, kemudian jahir bagian tepinya. Kedua helai kain untuk pengait juga di jahit, setelah itu, di tempelkan di sisi sampul sebelah kanan untuk mengaitkannya, kamu bisa menggunakan kanting 

3.  Sarung bantal 

Menghasilkan Uang Dengan Membuat Kerajinan Tangan

Siapa sih yang tidak tau sarung bantal? untuk ini pastinya sudah tidak asing lagi. Sarung bantal pula yang sering kita jumpai di pasaran. Banyak juga orang – orang yang menjual sarung bantal menggunakan kain flanel. Jika kamu ingin bantal yang besar, kamu bisa menambahkan beberapa kain flanel. Namun, yang satu ini kemungkinan kamu menggunakan banyak potongan sebagai kerajinan dari kain flanel dan  sarung bantal yang bagus sangat cocok untuk di ruang tamu atau di luar. Dengan bantal yang cantik, akan memperindah suasana rumah kamu.

4. Kotak tisu
Menghasilkan Uang Dengan Membuat Kerajinan Tangan

Menghasilkan uang dengan membuat kerajinan kotak tisu pun sangat sering kita jumpai bila berkunjung kerumah teman atau saudara. Jika kamu memiliki tempat tisu dirumah yang bentuknya begitu – begitu saja, maka tempat tisu dari kain flanel dapat kamu jadikan inspirasi. Kotak tisu kamu akan terlihat lebih cantik.

Apalagi jika di ruang tamu atau di meja makan kamu letakkan kotak tisu dari kain flanel tersebut maka akan menambahkan keindahan diruangan tersebut.

Nah, kotak tisu dari kain flanel ini bisa juga kamu jual. Banyak juga yang memasarkan produk tersebut di media sosial. Kamu jangan mau kalah, ayo promosikan juga kotak tisu yang sudah kamu buat di facebook atau instagram, buatlah secantik mungkin agar orang menarik untuk membeli produk yang kamu jual.