Manfaat Minum Air Putih Bagi Tubuh

Mengonsumsi air putih adalah sebuah kebutuhan yang tak bisa dihindari, seperti halnya bernapas. Bila masih tak percaya akan hebatnya manfaat minum air putih, Anda perlu menamatkan bacaan ini agar semakin tercerahkan. Yuk, simak artikel manfaat minum air putih ini agar Anda semakin paham betapa banyak kegunaannya bagi tubuh kita.

Mengendalikan kalori

Mengonsumsi air putih yang cukup membantu tubuh Anda untuk menjaga berat badan. Hal ini dikarenakan air putih dapat membantu tubuh merasa kenyang dan membantu metabolisme, dengan mengonsumsi air putih tentu akan sangat membantu menjaga bahkan dapat menurunkan berat badan.

Memberikan oksigen ke seluruh tubuh

Manfaat minum air yang satu ini dapat menambah darah lebih dari 90 persen air dan darah membawa oksigen ke berbagai bagian tubuh.

Mengatur suhu tubuh

Air yang disimpan dilapisan tengah kulit muncul ke permukaan kulit sebagai keringat tubuh memanas. Saat menguap, itulah mendinginkan tubuh saat olahraga. Beberapa ilmuwan menyatakan bahwa ketika air terlalu sedikit didalam tubuh, penyimpan panas meningkat dan individu kurang mampu menahan regangan panas.

Membantu menjaga tekanan darah

Manfaat minum air menjaga tekanan darah bagi kesehatan, jika kekurangan darah akan menyebabkan darah menjadi tebal, hal ini dapat meningkatkan darah tebal.

Mencegah sembelit

Manfaat minum air putih yaitu penting bagi Anda untuk mengonsumsi air putih karena dapat melancarkan pencernaan. Hal ini dikarenakan air membantu melarutkan partikel kotoran dan sisa makanan agar lancar melewati saluran pencernaan dan usus besar.

Memelihara fungsi ginjal

Mengonsumsi air putih yang cukup untuk menghindari risiko terkena batu ginjal. Hal tersebut dikarenakan ginjal menyerap cairan eksra untuk menjalankan fungsi. Pada saat cairan tubuh mencukupi, urine akan mengalir jernih, bebas dan tidak bau. Namun, apabila cairan tubuh tidak mencukupi, maka konsentrasi urin dan baunya akan lebih jelas.

Bantu mengeluarkan racun dari tubuh

Manfaat minum air putih yang cukup akan membantu tubuh mengeluarkan racun melalui keringat. Tak hanya melalui keringat, racun dalam tubuh juga dibuang melalui urine. Oleh karena itu mengonsumsi air putih yang cukup wajib dilakukan. Hal ini agar tubuh Anda dapat bekerja secara maksimal membantu mengeluarkan racun dari tubuh.

Baca juga : Efek Aborsi Pada Kesehatan Tubuh Wanita

Membentuk ludah dan lendir

Air liur membantu kita mencerna makanan kita dan menjaga mulut, hidung, dan mata lembap. Hal ini mencegah friksi (perpecahan) dan kerusakan. Minum air putih juga dapat membuat mulut tetap bersih.

Meningkatkan kinerja otak

Manfaat minum air putih juga dapat meningkatkan kinerja pada otak. Hal ini dikarenakan apabila otak kekurangan asupan air putih, pasti akan mengalami berbagai gangguan fungsi dari yang ringan hingga yang berat. Dengan asupan air putih yang cukup, otak bisa bekerja dengan lebih baik, bisa meningkatkan kelancaran berfikir, fokus, hingga stamina tubuh membaik. Tak hanya itu, manfaat air putih juga dapat untuk menjadi bahan pembuatan sumsum tulang belakang.

Melancarkan saluran Udara

Disaat seseorang mengalami dehidrasi, saluran udara dibatasi oleh tubuh dalam upaya untuk meminimalkan kehilangan air. Hal ini bisa membuat asma dan alergi lebih memburuk. Maka dari itu sangat penting untuk mengonsumsi air putih.

Manfaat minum air putih untuk kecantikan

Manfaat Minum Air putih untuk Kecantikan

 

Menjaga kelembaban kulit

Bagi Anda yang merasa kulitnya kering, mungkin Anda jarang minum air putih. Minum air dapat membantu melembabkan kulit secara alami. Hal ini dikarenakan air bisa memberikan nutrisi yang baik pada sel – sel kulit.

Memulihkan Kulit dari Sunburn

Surburn atau kulit yang terbakar karena sinar matahari bisa saja terjadi saat Anda beraktifitas diluar ruangan dan terpapas sinar matahari secara langsung. Maka dari itu manfaat minum air putih ternyata bisa membantu proses pemulihan kulit yang terbakar terkena sinar matahari.

Menghambat Penuaan Dini

Jika tubuh atau kulit tidak mendapatkan asupan cairan yang mencukupi, maka akan timbul berbagai masalah, salah satunya penuaan dini.

Baca juga : Makanan Rendah Kalori Pas Untuk Diet

Membuat Kulit Bercahaya

Minum air putih juga dapat membuat kulit bercahaya, dikarenakan air putih dapat membantu tubuh mengeluarkan racun dan kotoran yang mengendap dengan mudah melalui keringat hingga urine. Apabila tubuh dan kulit sudah bersih dari racun maka kamu akan terlihat fresh dan lebih bercahaya, diulas dari liputan6.

Itulah manfaat minum air putih bagi tubuh yang perlu Anda ketahui.  Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan Anda. Lihatlah artikel yang bermanfaat lainnya.

Terima kasih.