Makanan Untuk Penderita Sakit Maag

Sakit maag atau dispepsia adalah gejala penyakit berupa rasa nyeri dan panas pada lambung yang terjadi akibat sejumlah kondisi. Di antaranya adalah luka terbuka pada lapisan dalam lambung (tukak lambung), infeksi bakteri Helicobacter pylori, efek samping penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS), dan stres, diulas dari alodokter.com.

Sakit maag dapat dicegah dan diatasi dengan cara:

  • Makan secara perlahan, dalam porsi yang kecil.
  • Batasi konsumsi makanan pedas dan berlemak.
  • Kurangi minuman berkafein.
  • Hindari obat-obatan yang menyebabkan nyeri lambung.

Beriktu dibawah ini makanan untuk penderita maag atau dispepsia :

1. Kentang

Makanan untuk penderita sakit maag

Selain nasi, kentang rebus merupakan salah satu makanan pokok yang dapat mengenyangkan dan baik untuk pengidap maag. Hal ini karena kentang memiliki sifat alkali, yang bisa menetralisir asam lambung dengan cepat.

2. Jus Seledri

makanan untuk penderita sakit maag

Salah satu manfaat jus seledri terkuat adalah kemampuannya untuk mengurangi peradangan. Apigenin adalah senyawa yang ditemukan di seledri, peterseli, chamomile. Senyawa ini dapat membantu meredakan radang lambung dan mengurangi gejala gastritis (maag)

3. susu

susu untuk penderita sakit maag

Susu dan produk olahan susu mengandung tinggi protein dan kalsium yang memang diketahui dapat meningkatkan produksi asam lambung sehingga dapat memperparah keluhan. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter untuk menentukan asupan susu yang cocok.

4. Daging Ikan, Ayam, atau Sapi

Makanan penderita sakit maag

Makanan untuk penderita maag bisa juga mengkonsumsi daging sapi tanpa lemak, ayam tanpa kulit, atau ikan dianggap aman untuk dikonsumsi para penderita maag. Namun ingat, utamakan yang rendah lemak. Selain itu, daging yang tidak digoreng, seperti dipanggang atau direbus, sangatlah dianjurkan.

5. Pisang

makanan untuk penderita sakit maag

Pisang mampu meredakan gejala maag dengan cara memberikan lapisan pelindung pada esofagus (kerongkongan) yang mengalami iritasi. Bahkan, berkat kandungan seratnya yang tinggi, makanan pilihan untuk orang yang sakit maag ini juga bisa membantu menangkal gangguan pencernaan.

6. Kacang

makanan untuk penderita sakit maag

Makanan untuk penderita maag berikut ini adalah kacang yang kaya akan lemak sehat, yang menjadikannya pilihan ideal untuk ngemil selama masa kehamilan. Mereka memiliki asam lemak omega-3, protein, serat, dan nutrisi penting lainnya yang meningkatkan otak yang sangat penting bagi perkembangan bayi.

7. Yoghurt

makanan untuk penderita sakit maag

Yoghurt ternyata bisa menjadi satu dari berbagai pilihan makanan untuk penderita sakit maag. Hal ini dikarenakan yoghurt punya efek menenangkan sekaligus membantu mengendalikan rasa tidak nyaman pada perut.

Lebih dari itu, kandungan probiotik alias bakteri baik di dalam yoghurt dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan.Gejala maag yang kerap menimbulkan asam lambung pun bisa lebih di kendalikan.

Baca juga : Tips Cara Alami Menghilangkan Jerawat

8. Pepaya

makanan untuk penderita sakit maag

Makanan untuk penderita maag yaitu pepaya yang mengandung vitamin C dan enzim papain yang berfungsi menguraikan protein dalam tubuh. Enzim ini berguna untuk mengurangi dan meredakan sakit yang timbul akibat gangguan maag, sembelit, maupun gangguan pencernaan lainnya.

9. Telur

makanan untuk penderita maag

Makanan untuk orang yang sakit maag lainnya yang bisa Anda coba yakni putih telur. Sebaiknya hanya olah dan makan bagian putihnya saja tanpa menyertakan kuning telur.

Seperti yang sempat dijelaskan sebelumnya, makanan berlemak merupakan salah satu jenis makanan tidak boleh diberikan untuk para penderita maag. Sedangkan kandungan lemak yang ada di dalam kuning telur terbilang cukup tinggi.

Dengan hanya memakan putihnya saja, setidaknya bisa membantu Anda mendapatkan sumber protein tanpa harus memperparah gejala maag.

10. Brokoli

makanan untuk penderita maag,

Brokoli Makanan untuk penderita maag yang mengandung zat kimia bernama sulforaphane, yang dikenal memiliki efek antibakteri. Tidak hanya itu, brokoli juga dilengkapi zat-zat antikanker. Sulforaphane yang dikandungnya, mampu mengalahkan bakteri H. pylori, supaya penyakit maag tidak menyerang lagi.

Demikianlah 10 makanan untuk penderita sakit maag atau dispepsia. Semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan Anda. Lihat artikel yang bermanfaat lainnya.

Terima kasih.