Makanan Untuk Ibu Hamil Bulan Pertama

Makanan untuk Ibu hamil yaitu yang terkandung karbohidrat, protein, lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral merupakan zat gizi yang dibutuhkan di trimester pertama dan sepanjang masa kehamilan. Unsur nutrisi tersebut banyak terkandung dalam beberapa jenis makanan berikut ini:

1. Buah – buahan

Makanan untuk ibu hamil1

Makanan untuk Ibu hamil yaitu jenis buah-buahan yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil di trimester pertama adalah jeruk, pepaya, mangga, melon, alpukat, stroberi, pisang, semangka. anggur, kurma, dan kiwi.

Seperti yang terkadung pada pisang salah satu jenis buah yang sangat direkomendasikan untuk Ibu hamil, karena pisang memiliki banyak mengandung banyak mineral, kalium yang penting bermanfaat sebagai pemasok energi dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Kandungan yang terdapat pada pisang adalah vitamin C, vitamin B6, dan serat. Selain itu, pisang juga sangat baik untuk dikonsumsi Ibu hamil yang sering mengalami mual – mual, diulas dari alodokter.com.

2. Makanan Sumber Karbohidrat

Makanan untuk Ibu hamil

Makanan untuk Ibu hamil yang selanjutnya yaitu karbohidrat yang menjadi komponen penting dari sumber makanan yang membentuk kebiasaan makan sehat untuk Ibu hamil. Karbohidrat memberikan energi pada tubuh dan otak sehingga dapat bekerja secara efektif.

Makanan yang berkarbohidrat menjadi asupan penting yang menyediakan energi untuk pertumbuhan bagi didalam rahim. Makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi, gandum utuh atau roti gandum, beras merah, kentang, biskuit, sereal, dan roti.Karbohidrat yang diperlukan oleh Ibu hamil sebagai

3. Kacang – kacangan

Makanan untuk Ibu hamil

Dalam penelitiannya, para peneliti menemukan ada beberapa jenis kacang yang banyak dikonsumsi para ibu. Beberapa yang diperhitungkan adalah kacang kenari, almond, kacang tanah, kacang pinus, dan hazelnut, kacang panjang, kacang lentil. Manfaat tersebut kemungkinan karena adanya asam folat dan asam lemak esensial seperti omega-3 dan omega-6 yang terkandung dalam kacang-kacangan.

Baca juga : Cara Membuat Sushi Pizza Dengan Mudah

Komponen tersebut cenderung terakumulasi di jaringan saraf, terutama daerah frontal otak yang mempengaruhi memori dan fungsi eksekutif. Kandungan folat dalam kacang-kacangan yang tinggi sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil, terutama di trimester pertama kehamilan. Folat berguna untuk mencegah bayi mengalami cacat tabung saraf dan lahir dengan berat badan rendah.

4. Sayur – sayuran Hijau

Beberapa co

makanan untuk ibu hamil

ntoh sayuran hijau yang baik dikonsumsi ibu hamil di trimester pertama adalah brokoli, bayam, sawi, kangkung, kale, dan kubis. Jenis sayuran ini mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil, seperti vitamin C, vitamin K, kalsium, zat besi, serat, folat, kalium, dan antioksidan.

Selain itu, kadar serat tinggi yang terkandung di dalamnya mampu mencegah sembelit pada ibu hamil. Mengonsumsi sayuran hijau juga dipercaya dapat menurunkan risiko bayi lahir dengan berat badan rendah.

5. Daging ikan, ayam dan sapi

Makanan untuk ibu hamil bulan pertama

Makanan untuk Ibu hamil juga daging ayam, ikan, atau sapi. Ibu hamil disarankan mengonsumsi daging sebagai sumber protei sekitar 3 porsi tiap hari, adalah sekitar 65 gram daging sapi atau kambing, ataupung 80 gram daging ayam. Namun ingat Ibu hamil peru mengolah daging dengan tapat. bila tidak daging sapi dan ayam dapat menjadi sarang parasit dan bakteri. Hal ini karena daging memiliki berbagai macam vitamin yang terdapat pada daging. Telur, daging ayam, dan daging sapi juga merupakan sumber protein berkualitas tinggi.

Selain itu, zat besi dan vitamin B di dalamnya dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mencegah anemia, serta menurunkan risiko bayi lahir prematur atau lahir dengan berat badan rendah. Namun saat hendak menyantapnya, pastikan daging dan telur yang dikonsumsi sudah diolah dengan baik dan dimasak hingga benar-benar matang.

6. Susu

Makanan untuk ibu hamil bulan pertama

Susu adalah sumber penting kalium dan vitamin D untuk wanita selama kehamilan. Vitamin D selama lehamilan dapat menurunkan risiko bayi terkena alergi di masa depan.

Wanita hamil jua sangat penting membutuhkan antara 1.000 dan 1.300 mg kalsium setiap hari untuk memberikan makan tubuh mereka. Susu murni kurang direkomendasikan karena dikenal memiliki lemak jenuh yang tinggi sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung, diulas dari halodoc.com.

Baca juga : Tips Cara Alami Menghilangkan Jerawat

Seperti keju dan yoghurt sangat baik untuk dikonsumsi Ibu hamil trimester pertama. Susu mengandung kaya akan protein dan kalium yang dibutuhkan untuk pertumbuhan janin dan kesehatan tulang ibu hamil. Tak hanya itu, minum susu selama hamil dapat memenuhi sebagian kebutuhan kalsium. Kalsium memberi tubuh mereka dan tubuh bayi yang sedang berkembang.

Demikianlah 5 makanan untuk Ibu hamil. Semoga ulasan di atas dapat menambah pengetahuan dan wawasan Anda. Lihatlah artikel yang bermanfaat lainnya.

Terima kasih.