Makanan Rendah Kalori Pas Untuk Diet

Makanan yang mengandung kalori tentu berguna sebagai sumber energi dalam beraktivitas. Namun, jika jumlah asupan kalori di dalam tubuh jauh lebih besar dibandingkan jumlah yang dikeluarkan untuk beraktivitas, maka tubuh akan menyimpannya sebagai cadangan makanan dalam bentuk lemak, dikutip dari honestdocs.

Makanan rendah kalori baik untuk menjaga berat badan, Tetapi minimnya kalori yang dikonsumsi membuat perut terasa lapar. Keinginan menurunkan berat badan, rasa lapar yang tak juga hilang justru membuat Anda rajin ngemil. Anda tak perlu khawatir, ada beberapaa makanan yang dapat menimbulkan rasa kenyang lebih lama sekaligus membantu proses penurunan berat badan.

1. Sup

makanan rendah kalori

Selain lezat, mengonsumsi sup juga dapat mengenyangkan dan membantu menurunkan kelebihan berat badan. Makanan rendah kalori yang satu ini telah diteleti oleh sejumlah peneliti yaitu menemukan bahwa sup dapat menimbulkan rasa kenyang dibandingkan makanan – makanan padat.

Konsumsi sup dengan kuah yang tidak mengental disebut dapat memperlambat pengosongan lambung dan lebih efektif untuk menahan lapar. Hal ini tak berlaku bagi cream sup, meski mengenyangkan tetapi banyak mengandung kalori.

2. Kentang Rebus

Makanan Rendah Kalori Pas Untuk Diet

Makanan rendah kalori yang satu ini adalah kentang rebus, lain halnya dengan keripik kentang dan kentang goreng yang tidak sehat karena memiliki tinggi lemak. Kentang rebus dan kentang panggang memiliki manfaat untuk kesehatan terutama dalam menurunkan berat badan.

Kentang rebus dan kentang panggang memiliki kalori yang lebih rendah, bahkan mengandung serat, vitamin, protein, dan beberapa nutrisi lainnya. Mendinginkan kentang setelah dimasak juga dapat meningkatkan kandungan pati resistennya.

3. Sayuran

makanan rendah kalori

Sayuran dikenal mengandung banyak nutrisi, sayuran juga mengandung banyak serat. Konsumsi salad yang berisi sayuran, cara mengolahnya cukup mudah. Salad sayur merupkan jenis salad yang dibuat dari berbagai jenis sayuran segar yang disatukan.

Beberapa ahli kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi salah sayur ini setiap hari, terutama Anda yang memiliki kelebihan berat badan. Sayuran yang rendah kalori yaitu daun seledri, daun selada, wortel, mentimun, kacang polong, bayam, brokoli, labu, kubis, terong, dan masih banyak yang lainnya.

4. Telur

makanan rendah kalori

Telur adalah makanan rendah lemak dan rendah kalori. Beberapa penelitian pun telah membuktikan bahwa orang yang memilih telur untuk sarapan merasa lebih kenyang dan lebih sedikit mengonsumsi kalori sepanjang hari dari pada mereka yang memilih roti untuk sarapan. Telur juga merupakan sumber protein lengkap yang mengandung sembilan asam amino esensial.

5. Oatmeal

makanan rendah kalori

Makanan rendah kalori dan rendah lemak berikut ini adalah oatmeal. Makanan ini mengandung serat yang tinggi dan kemampuannya untuk menyerap air. Jika dibandingkan dengan sereal cepat saji lainnya, oatmeal lebiih baik dalam menekan nafsu makan, dapat meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi asupan kalori sepanjang hari. Sumber serat larut yang baik disebut beta-glukan yang membantu memperlambar pencernaan dan penyerapan karbohidrat, diulas dari detikfood.com.

6. Ikan

Makanan rendah kalori

Ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 dapat meningkatkan rasa kenyang pada Anda yang kelebihan berat badan atau obesitas. Anda dapat konsumsi ikan yang rendah kalori seperti ikan salmon, tongkol, tuna, dan ikan kod. Nah ikan juga sarat dengan protein berkualitas tinggi yang dapat mengenyangkan.

7.GrapeFruit dan Apel

makanan rendah kalori

Makanan rendah kalori yang satu ini yaitu grapefruit atau jeruk bali dan apel yang sangat rendah kalori. Grapefruit mengandung vitamin A dan vitamin C. Mengonsumsi grapefruit sebgai camilan sehat sebelum makan utama dapat membantu mengurangi asupan makanan Anda secara keseluruhan. Apel memiliki tinggi serat dan mengenyangkan. Studi menunjukan bahwa mengonsumsi apel dapat mendukung penurunan berat badan.

Lihat berita selanjutnya di fmdiscioglu.com