Makanan Khas Yogyakarta Enak dan Lezat

Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Daerah Istimewa setingkat provinsi di Indonesia yang merupakan peleburan Negara Kesultanan Yogyakarta dan Negara Kadipaten Paku Alaman. Daerah Istimewa Yogyakarta terletak di bagian selatan Pulau Jawa, dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah dan Samudera Hindia. Daerah Istimewa Yogyakarta sering dihubungkan dengan kota Yogyakarta sehingga secara kurang tepat sering disebut dengan Jogja, Yogya, Yogyakarta, Jogjakarta.

Walau secara geografis merupakan daerah setingkat provinsi terkecil kedua setelah DKI Jakarta, Daerah Istimewa ini terkenal di tingkat nasional, dan internasional, terutama sebagai tempat tujuan wisata andalan setelah Provinsi Bali. Selain dikenal punya banyak wisata alam yang indah, Yogyakarta juga punya banyak kekayaan kuliner khas yang menggugah selera, dikutip dari wikipedia.org.

Kalau kamu sedang liburan ke Kota Pelajar Yogyakarta, berikut ini rekomendasi kuliner atau makanan khas Jogja di bawah ini yang enak-enak dan legendaris juga loh! Simak ulasan selengkapnya ya!

1. Gudeg

makanan khas Yogyakarta

Gudeg adalah makanan tradisional khas Provinsi Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Perlu waktu berjam-jam untuk membuat masakan yang satu ini. Warna coklat biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan.

Pada penyajiannya, makanan ini biasa di lengkapi dengan nasi putih, ayam, telur rebus, tahu atau tempe, dan rebusan terbuat dari kulit sapi segar atau lebih dikenal dengan nama sambal goreng krecek.

Ada beberapa jenis Gudeg Jogja yang dikenal saat ini yaitu jenis Gudeg kering dan Gudeg basah. Gudeg kering hanya memiliki sedikit santan sementara Gudeg basah mencakup lebih banyak susu kelapa atau santan. Jenis-jenis Gudeg tersebut juga mempengaruhi rasa yang dimiliki oleh Gudeg.

2. Tiwul

makanan khas yogyakarta,

Nasi tiwul terbuat dari tepung gaplek, yaitu singkong yang dikeringkan terus ditumbuk. Rasanya manis khas singkong, warnanya kecoklatan. Nasi tiwul rasa natural dengan cita rasa singkong dapat dimasak dan disajikan dengan lauk pauk yang lain sedangkan nasi tiwul yang manis dengan rasa pandan, stroberi, coklat, carica tidak tepat kalo dicampur lauk lainnya. Biasanya nasi tiwul yang demikian dijadikan kue atau wade.

Penyajiannya hanya dengan ditaburi parutan kelapa atau karamel gula jawa. Jika berkunjung ke pusat oleh-oleh di daerah wisata Gunung Kidul dan sekitarnya, Anda akan menemui banyak varian rasa. Ada rasa gula jawa, gula pasir, coklat, dan keju. Empat varian ini sering dijumpai dengan bentuk yang sudah dicetak bulat.

3. Brongkos Yogyakarta

Makanan khas yogyakarta

Makanan khas Yogyakarta yang satu ini yaitu brongkos. Makanan ini merupakan jenis makanan berkuah yang banyak dijumpai di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, namun sangat susah ditemukan di daerah lainnya di Indonesia.

Brongkos jika dilihat sangat mirip dengan rawon, tetapi kuah brongkos nampak lebih kental dan rasanya pun lebih gurih. Karena brongkos menggunakan santan pada kuahnya, sedangkan rawon tidak.

4. Gatot

Makanan khas Yogyakarta yang enak

Makanan khas Yogyakarta selanjutnta adalah gatot. Makanan ini biasanya dimakan dengan sayuran sebagai pengganti nasi. Makanan ini menjadi makan yang sangat di favorit masyarakat Gunung kidul karena rasanya manis, lezat, dan gurih.

Baca juga : Cara Membuat Serombotan Khas Bali

5. Tengkleng

makanan khas Yogyakarta tengkleng

Tengkleng adalah masakan sejenis sup dengan bahan utama tulang kambing. Bentuk fisik dari tengkleng hampir mirip dengan gulai kambing, tetapi kuahnya lebih encer ada juga tengkleng dengan sedikit kuah.

6. Sate Kere

makanan khas Yogyakarta sate kere

Makanan khas Yogyakarta yang satu ini sangat digemari masyarakat Jawa Tengah. Sate kere adalah sebutan untuk salah satu kuliner khas Solo yang terbuat dari tempe gambus yaitu tempe yang dibuat dari ampas tahu. Selain tempe, bahan dasar pembuatan sate ini juga menggunakan jeroan sapi seperti paru dan usus sapi di tambah dengan bumbu kacang.

7. Sego Kucing
makanan khas yogyakarta nasi kucing

Sego kucing adalah makanan tradisional khas Yogyakarta. Porsi nasi kucing yaitu sedikit, biasanya ditambah sambal, tempe, ikan, lalu dibungkus daun pisang. Makanan yang satu ini sangat di gemari dan juga sangat populer di Jawa tengah.

8 Bakmi Pentil

makanan khas yogyakarta bakmi pentil

Makanan khas Yogyakarta berikutna adalah mie pentil salah satunya, dari arti katanya merupakan makanan mie serupa dengan pentil atau sejenis karet, yang memiliki bentuk panjang dengan rasa gurih dan sedikit kenyal.

9. Yangko

makanan khas yogyakarta

 

Makanan khas Yogyakarta sangat beragam salah satunya Yangko. Makanan ini berbentuk kotak dengan baluran tepung ketan, teksturnya kenyal, dan rasanya manis. Pada rasa aslinya, Yangko berisi campuran cincangan kacang, seperti  kue mochi asal Jepang.

Demikianlah 9 rekomendari makanan khas Yogyakarta, semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan Anda. Lihat artikel yang bermanfaat lainnya.

Terima kasih.