Makanan Khas Kota Samarinda Yang Enak

Samarinda memiliki wilayah seluas 718 km² dengan kondisi geografi daerah berbukit dengan ketinggian bervariasi dari 10 sampai 200 meter dari permukaan laut. Kota Samarinda adalah ibu kota provinsi Kalimantan Timur, Indonesia serta kota dengan penduduk terbesar di seluruh Pulau Kalimantan dengan jumlah penduduk 812,597 jiwa, dikutip dari wikipedia.org.

Makanan khas Kota Samarinda yang enak, memiliki banyak berbagai macam kuliner khas yang menciptakan rasa enak dan lezat, seperti ayam cincane, pepes kepiting, sate payau, keripik amplang, dan masih banyak lagi yang lainnya.

1. Sate Payau

sate payau makanan khas kota samarinda

Sate adalah makanan yang sudah tidak asing lagi di Indonesia, mau sate ayam, sate kambing maupun sate sapi. Tapi gimana kalau daging sate berasal dari hewan anti mainstream seperti rusa? Well, kamu harus coba sendiri sate payau khas Kalimantan Timur.

Sate yang satu ini cukup populer di kalangan wisatawan yang tengah berlibur di kota Samarinda. Karena sate payau memiliki daging yang lebih lembut dari pada daging sapi dan daging kambing.

2. Pepes Kepiting

makanan khas kota samarinda

Makanan khas kota Samarinda adalah pepes kepiting, seperti yang kita ketahui makanan pepes yang berasal dari Jawa Barat dan biasanya pepes hanya terdiri pepes ikan, udang, tahu, tempe, atau ayam dan dibungkus menggunakan daun pisang, kemudian pengolahannya di kukus lalu dibakar. Tetapi berbeda dengan kota Samarinda, dikota tersebut memiliki ciri khasnya sendiri yaitu pepes kepiting. Kepiting yang digunakanan yaitu kepiting soka karena memiliki nutritsi yang tinggi.

3. Ayam Cincane

makanan khas samarinda ayam cincane

Makanan khas kota Samarinda berikutnya adalah ayam cincane adalah ayam kampung yang dibakar makanan khas Samarinda yang dibaluri bumbu rempah, memiliki cita rasa lezat dan pedas. Hidangan yang satu ini sering dijumpai pada acara-acara besar, seperti pesta pernikahan dan acara penyambutan tamu-tamu kehormatan.

Selain itu, masakan ini juga dapat dijumpai di beberapa kedai ataupun rumah makan. Daging ayam kampung yang disajikan bersama bumbu berwarna kemerahan menjadi ciri khas tersendiri dari menu ayam cincane.

4. Gence Ruan

makanan khas kota samarinda yang enak

Gence ruan adalah makanan khas dari Samarinda. Makanan yang satu ini berbahan dasar ikan haruan atau yang sering disebut dengan ikan gabus.

5. Babongko

makanan khas kota samarinda yang enak dan populer

Makanan yang satu ini memiliki warna yang hijau dengan tekstur yang kenyal dan lembut. Saus santan dan gula merah cair di atas babongko membuatnya rasa manis, gurih, dan lezat.

6. Lempok Durian

makanan khas samarinda lempok durian,

Makanan khas Kota Samarinda berikutnya adalah lempok durian. Lempok durian yaitu makanan yang menyerupai dodol yang memiliki cita rasa dan aroma durian. Makanan yang satu ini menjadi oleh – oleh makanan yang berasal dari Indonesia termasuk Samarinda.

7. Bingka Kentang

bingka kentang makanan khas samarinda

Bingka adalah memiliki rasanya yang sangat manis, dan lembut. Bingka merupakan salah satu kue yang dipakai dalam tradisi Banjar dan Samarinda untuk menyajikan acara-acara istimewa seperti pernikahan.

Makanan khas kota Samarinda yang satu ini dapat ditemukan sepanjang tahun, bingka menjadi primadona pada bulan Ramadhan karena dianggap cocok berbuka puasa. Di Samarinda, bingka yang khas adalah bingka yang terbuat dari kentang. Bingka ini memiliki rasa manis, gurih, dan lembut di mulut.

8 Kue Keminting

kue keminting makanan khas samarinda

Kue keminting adalah makanan khas kota Samarinda dan menjadi oleh – oleh yang paling laris bila berkunjung ke kota Samarinda. Kue keminting berbahan dasar tepung sagu dan dibentuk menyerupai biji kemiri.

9. Kue Gegicak

gegicak makanan khas kota samarinda

Makanan khas kota Samarinda berikutnya adalah Kue Gegicak. Makanan ini merupakan makanan khas Samarinda yang terbuat dari tepung beras ketan yang dicampur dengan daun pandan sehingga menghasilkan warna hijau dan tekstur kenyal dan lembut serta aroma yang khas. Kemudian Disajikan bersama parutan kelapa dan gula merah.

Baca juga : Cara Membuat Lek Tau Suan Simple dan Mudah

Demikianlah 9 makanan khas kota Samarinda yang enak dan populer, semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan Anda. Lihat artikel yang bermanfaat lainnya.

Terima kasih