Makanan Khas Kota Padang Yang Populer

Padang memiliki berbagai macam makanan yang enak dan populer. Kota ini pun merupakan pintu gerbang barat Indonesia Samudra Hindia. Berikut dibawah ini makanan khas kota Padang.

1. Sate Padang.

Makanan Khas Kota Padang Yang Populer

Sate Padang adalah sebutan untuk tiga jenis varian sate di Sumatra Barat, yaitu Sate Padang, Sate Padang Panjang dan Sate Pariaman. Sate Padang memakai bahan daging sapi, lidah, atau jerohan dengan bumbu kuah kacang kental ditambah cabai yang banyak sehingga rasanya pedas, diulas dari wikipedia.org

2. Soto Padang

Makanan Khas Kota Padang Yang Populer

Soto Padang merupakan makanan yang berkuah kaldu sapi dengan bahan irisan daging sapi. Makanan yang satu ini adalah hidangan berkuah kaldu sapi dengan bahan irisan daging sapi yang sudah digoreng kering, bihun, ditambah perkedel kentang dan dihidangkan panas-panas. Selain di Kota Padang, Sumatra Barat, hidangan Soto Padang juga mudah ditemukan di berbagai restoran Padang di penjuru dunia. 

3. Gulai Tauco Padang

Makanan Khas Kota Padang Yang Populer

Makanan yang satu ini adalah gulai Tauco sebenarnya adalah gulai buncis yang di iris halus dan ditambah dengan potongan daging, tahu dan tempe serta kerupuk kulit. Makanan ini sangat cocok di santap dengan lontong dan ketupat.

4. Kalio Daging

Kalio adalah sebutan dari rendang setengah jadi, yang masih berwarna kecoklatan dibanding rendang yang berwarna cokelat kehitaman. Kalio bertekstur lengket dan basah dengan aroma karamel yang kuat, sementara rendang lebih kering, bertekstur kasar, dan mengeluarkan aroma rempah yang tajam, diulas dari wikipedia.org.

Baca juga : Resep membuat Rendang Sapi Secara Mudah.

5. Cancang

Makanan khas kota Padang yang satu ini yaitu berbahan dasar daging. Daging yang dijadikan cincang biasanya bagian yang mengandung banyak lemak. Selain daging sapi, biasanya ada juga yang menggunakan daging kambing sebagai bahan utama gulai cincang daging padang ini. Makanan yang satu ini hampir mirip dengan gulai daging pada umumnya. 

6. Dendeng Batokok

Makanan khas Padang yagn populer

Dendeng adalah makanan khas Sumatra Barat Dendeng merupakan masakan khas Sumatra Barat yang terbuat dari daging sapi yang diiris tipis dan lebar kemudian dikeringkan atau digoreng.

Baca juga : Cara Membuat Dendeng Batokok Khas Padang

Berdasarkan jenis olahannya, ada empat jenis dendeng yaitu dendeng balado, dendeng batokok, dendeng lambok dan dendeng baracik. Keempatnya menawarkan daging yang terasa gurih dan bumbu lado yang pedas. 

7. Gulai lado mudo

Makanan khas Padang yang populer

Makanan khas kota Padang yang satu ini adalah gulai lado mudo, makanan ini menjadi andalan restoran yang menggunakan gulai daging bebek dengan cacahan cabai hijau. Makanan ini adalah modifikasi dari masakan khas kota Gadang yang dilakukan adalah menambah tingkat rasa pedas dan tidak menggunakan santan.

8. Lamang Tapai

Makanan khas Padang yang populer

Makanan khas kota Padang yang satu ini menjadi salah satu yang menjadi favorit adalah Lamang Tapai. Makanan khas Padang ini terbuat dari ketan putih yang dibakar dan disajikan lengkap dengan tapai yang terbuat dari ketan hitam. Proses pembuatan Lamang Tapai ini sangat tradisional dan unik. Untuk membuat lamang, Anda memerlukan sebilah ruas bambu muda.

9. Ayam Pop

ayam pop khas padang

Makanan khas kota Padang yang berikutnya adalah ayam pop salah satu hidangan dari daging ayam yang berasal dari Sumatra Barat. Hidangan ini termasuk salah satu hidangan ayam goreng.

Namun yang membedakan ayam pop dengan ayam goreng lainnya adalah ayam pop memiliki warna yang masih putih pucat ketika selesai dimasak. Meski terlihat sederhana, ayam pop ini memiliki cita rasa yang gurih dan sangat nikmat bila disantap dengan nasi hangat dan sambal Padang.

10. Galamai

galamai makanan khas padang

Makanan ini biasanya dibuat untuk keperluan pesta pernikahan dan pesta adat lainnya serta menjelang hari raya. Namun di pusat pusat oleh-oleh, makanan tersebut juga disediakan dan sudah dikemas. Galamai adalah salah satu makanan kecil dengan bahan dasar tepung ketan, santan, dan gula aren yang berasal dari daerah Sumatera Barat.

Baca juga : Resep dan Cara Membuat Dodol Betawi

Galamai biasanya dibuat dengan cara bergotong-royong karena memerlukan banyak tenaga untuk mengaduk adonan dalam jumlah besar dan waktu lama. Hasil dari masakan ini berbentuk makan yang bewarna hitam mengkilat dan terasa manis.

Namun, masyarakat juga biasa menggunakan gula pasir.Jika di daerah lain makanan sejenis ini dikenal sebagai dodol atau jenang. Hampir semua suku di Indonesia memiliki jenis makanan kecil ini.

11. Asam Padeh

asam padeh makanan khas padang

Makanan khas Kota Padang yang satu ini terbuat dari bumbu yang digunakan seperti bawang, sere, lengkuas, dan lain – lain. Rasanya sedikit asam yang berasal dari asam kandis kering. Berbahan dasar dari ikan laut seperti ikan tongkol, ikan sarden atau menggunakan daging sapi, Asam Padeh sekilas mirip gulai.

12. Dendeng Balado

Dendeng balado makanan khas padang

Makanan khas kota Padang berikutnya adalah dendeng balado masakan khas Sumatera Barat yang dibuat dari irisan tipis dan lebar daging sapi yang dikeringkan lalu digoreng kering. Kemudian daging yang sudah di goreng ini lalu diberi bumbu balado.

Demikianlah 12 makanan khas kota Padang yang populer. Semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan Anda. Lihat artikel lainnya yang bermanfaat.

Terima kasih.