Makanan Khas India Yang Terkenal

Diulas dari wikipedia.org India adalah sebuah negara di Asia dengan jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia, dengan populasi lebih dari satu miliar jiwa, dan adalah negara terbesar ketujuh berdasarkan ukuran wilayah geografis. Di India sendiri juga banyak memiliki berbagai macam makanan khas seperti samosa, nasi biryani, chapati, jalebi, dosa, dan masih banyak yang lain. Berikut dibawah ini makanan khas India yang enak dan terkenal.

1. Dosa

Maklanan khas india

Dosa adalah makanan yang mirip seperti lekker crepes, rasanya enak, bentuknya kering, dan teksturnya renyah. Dosa dibuat dari bahan dasar kacang dan beras yang sudah difermentasi.

Makanan ini bisa dimasak dengan sedikit percikan minyak maupun tidak. Di India sendiri, makanan ini juga suka dipanggil dengan dosay atau dosai. Biasanya orang India menyantap dosa sebagai menu sarapan atau makan malam. Bahkan, tak jarang juga yang memakannya sebagai teman di waktu kosong. Makanan ini sangat baik untuk kesehatan karena mengandung kadar karbohidrat tinggi dan rendah kandungan lemak serta kalori.

2. Jalebi

Makanan khas India

Jalebi, juga dikenal sebagai zulbia, jilapi, mushabak dan zalabia, adalah camilan manis India yang populer di seluruh Asia Selatan, dan Timur Tengah. Ini dibuat dengan adonan tepung maida yang digoreng dalam bentuk pretzel atau bundar, yang kemudian direndam dalam sirup gula.

Baca juga : Cara Mudah Membuat Sushi Rumahan

3. Ayam Tandoori

Makanan khas India

Makanan khas India yang satu ini adalah ayam Tandoori, masakan Punjabi yang berasal dari Punjab dan keberadaannya dapat ditelusuri hingga zaman Kesultanan Mughal di Asia Selatan. Makanan ini masih menjadi makanan popular di daerah tersebut dan juga di Asia Tengah dan Asia Tenggara. Dinamakan ayam tandoori karena ayamnya melewati proses yang bernama tandoori.

4. Laddu

Makanan khas india

Makanan khas India yang selanjutnya adalah laddu atau laddoo yaitu kue yang bentuknya mirip dengan gulab jamun, yakni bulat-bulat kecil. Makanan khas India ini mempunyai cita rasa yang manis. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat adonan laddu adalah tepung, lemak, dan gula. Kue manis ini biasa pun nya tersaji pada acara-acara perayaan atau keagamaan. Bahannya pun sangat bervariasi seperti kacang cincang atau kismis kering.

5. Nasi Biryani

Makanan khas India nasi biryani

Makanan khas Indai yang satu ini yaitu nasi biryani atau biriani, beriani, atau briyani merupakan hidangan berupa nasi yang dimasak dengan rempah-rempah lalu ditambah dengan sayuran, atau daging. Cara mengolahnya pun sangat unik, beras yang dipilih dicuci dan direbus dalam panci tanpa bumbu.

Setelah berasnya sudah setengah masak, barulah beras dicampur dengan kaldu berbumbu yang kemudian dibiarkan dalam keadaan panci tertutup hingga matang dan kaldunya menyerap ke dalam nasi. Nasi biryani yang sudah matang berikutnya ditambahkan dengan lauk pelengkap seperti aneka daging dan sayuran.

6. Roti Chapati

Makanan khas India

Makanan khas India yang satu ini adalah chapati yang dikenal sebagai roti, safati, shabaati dan roshi, yaitu sejenis roti tak beragi dan pipih asal Subbenua India serta merupakan makanan pokok umum di India, Nepal, Bangladesh, Pakistan dan Sri Lanka. Chapati adalah makanan sejenis roti yang berbeda dengan naan. Chapati dibuat dari adonan roti gandum yang sengaja dibuat agar tidak mengembang.

Baca juga : Makanan Untuk Penderita Maag atau Dispepsia

7. Naan

Naan makanan khas india

Naan adalah makanan berbentuk roti yang terbuat dari berbahan dasar tepung ragi yang di pipihkan. Naan yaitu roti tradisional dari India yang menggunakan tepung ragi sebagai bahan utama yang diolah dalam oven modern ataupun tradisional yang terbuat tanah liat atau orang India menyebutnya dengan tandoor.

8. Samosa

Makanan khas india

Makanan khas India yang satu ini adalah samosa yang di goreng berbentuk segitiga. Isi berupa kentang rebus berbumbu rempah-rempah dicampur kacang kapri, bawang bombay, daun ketumbar, dan kadang-kadang paneer. Selain bercita rasa original alias gurih, sekarang samosa juga telah dimodifikasi sehingga memiliki berbagai varian rasa seperti cokelat dan susu. Makanan ringan ini populer di Asia Tengah, Asia Selatan, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Jazirah Arab.

9. Pani Puri

Pani puri

Panipuri merupakan jenis makanan ringan yang berasal dari anak benua India. Ini terdiri dari puri bulat atau berbentuk bola, diisi dengan campuran air rasa, chutney asam, cabai, chaat masala, kentang, bawang atau buncis.

10 Rogan Josh

Rogan josh makanan khas India

Makanan khas India yang satu ini yaitu rogan josh, juga ditulis roghan josh atau roghan ghosht, adalah hidangan daging kari aromatik yang berasal dari Persia atau Kashmir. Itu dibuat dengan daging merah, secara tradisional domba atau kambing. Warnanya diwarnai dan dibumbui terutama oleh bunga alkanet atau akar dan cabai Kashmir, diulas dari wikipedia.org

11. Vada

Vada

Makanan khas India yang satu ini sama seperti panipuri. Vada ini bisa disamakan dengan gorengan ala Indonesia. Cemilan yang bentuknya seperti donat ini sebenarnya memiliki cita rasa asin yang mirip seperti bakwan.

12. Kofta


Kofta makanan khas India

Kofta merupakan hidangan keluarga, bakso atau daging yang ditemukan di anak benua India, Kaukasia Selatan, Timur Tengah, Balkan, dan masakan Asia Tengah.

13. Raita

Raita

Makanan ini adalah menggunakan bahan penyedap dalam masakan di Asia Selatan yang terbuat dari dahi bersama dengan sayuran mentah atau dimasak, buah yang lebih jarang, atau dalam kasus boondi raita, dengan tetesan goreng adonan yang terbuat dari besan tepung, umumnya diberi label sebagai tepung gram.

14. Papdi Chaat

Papdi Chaat

Makanan ini banyak berbagai hidangan tambahan di seluruh India juga disebut sebagai obralan papri. Papri chat atau papri chaat merupakan makanan cepat saji tradisional yang populer dan makanan jalanan dari anak benua India, mungkin di India Utara, Bangladesh dan Pakistan.

15. Gulap Jamun

Gulap jamun

Makanan ini adalah permen manis yang terbuat dari berbahan dasar susu yang berasal dari anak benua India. dan sejenis mithai, populer di India, Nepal, Pakistan, Maladewa, dan Bangladesh, serta Myanmar. Makanan ini sangat terkenal sebagai makanan pencuci mulut.  Untuk menambah rasa manis dari gulab jamun direndam dalam sirup gula yang sangat manis.

Demikianlah 15 makanan khas India, semoga ulasan di atas dapat menambah pengetahuan dan wawasan Anda. Lihat artikel yang bermanfaat lainnya.