Makanan Khas Cilacap Wajib Dicicipi

Cilacap memiliki objek destinasi wisata hingga kulinernya yang sangat beragam dan menggugah selera. Jika masih bingung maka tidak ada salahnya jika Anda berkunjung ke kota Cilacap. Disini akan banyak sekali hal yang bisa Anda temukan. Seperti makanan khas Cilacap yang dibawah ini :

1. Brekecek

makanan khas cilacap

Brekecekyaitu makanan tradisional yang berasal dari Cilacap. Makanan ini yang dibumbui dengan rempah-rempah hidangan ikan, hingga terasa sedikit seperti rica-rica. Brekecek menjadi makanan khas Cilacap dan menjadi ikon kuliner di sana. Dikatakan bahwa makanan ini adalah makanan tradisional dan warga setempat telah menjadi biasa jika setiap rumah Cilacap makan ikan Brekecek

2. Lepet Ketan

makanan khas cilacap

Lepet adalah sejenis makanan ringan terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan kacang dan dimasak dalam santan dan kemudian dibungkus daun kelapa. Lingkungan gula luas ini dalam bahasa Jawa dan makanan Sunda di Pulau Jawa, Indonesia, dan populer dimakan sebagai camilan, diulas dari wikipedia.org

3. Tempe Dages

makanan khas cilacap

Makanan khas Cilacap yang satu ini adalah tempe dages, makanan atau cemilan khas Cilacap. Biasanya tempe dages disajikan dengan cara digoreng menggunakan tepung bumbu seperti menggoreng mendoan, kita juga bisa membeli gorengan tempe dages di penjual gorengan-gorengan bersama gorengan lain seperti mendoan, tahu isi dan lainnya.

4. Mendoan

makanan khas cilacap

Makanan yang satu ini adalah makanan dari tempe yang tipis dan lebar, di lumuri adonan tepung yang sudah dibumbui dan dikasih daun bawang lalu digoreng setengah matang atau mendo. Mendoan ini enak disantap ketika masih anget beserta cabe rawit segar atau nyigit.

Baca juga : Makanan Khas Yogyakarta Enak dan Lezat

5. Karedok

makanan khas cilacap

Karedok merupakan salah satu makanan khas Sunda di Indonesia. Mungkin didasari karena Cilacap berbatasan langsung dengan Jawa Barat. Karedok terbuat dari berbahan dasar sayuran yang masih mentah seperti wortel, mentimun, kubis, kecambah, dan kacang panjang, kemudian disiram bumbu kacang. Untuk menambah citarasa dari karedok ditambahkan kerupuk, tahu atau ketupat.

Baca juga : Cara Membuat Kebab Turki Dengan Mudah

6. Lanting

Makanan khas cilacap

Lanting adalah Cilacap khas makanan ringan yang terbuat dari singkong. Lanting memiliki rasa asin dan kriup ketika dimakan. Meskipun bahan baku yang digunakan untuk memproduksi Lanting yaitu singkong, tetapi masing-masing daerah memiliki rasa, tekstur dan aroma mereka berbeda. Ini adalah daya tarik bagi mereka yang ingin membeli oleh – oleh Lanting dari Cilacap.

7. Gembus

makanan khas cilacap

Makanan yang satu ini adalah gembus yang terbuat dari berbahan dasar singkong. Makanan ini bentuknya seperti donat kemudian digoreng. Gembus bisa kita jumpai di acara-acara hiburan di kampung, di pinggir jalan ketika sore hari, dan di pasar-pasar tradisional di Cilacap. Gembus enak dinikmati selagi masih anget akan terasa banget gurihnya.

8. Jipang Kacang

makanan khas cilacap

Makanan yang satu ini adalah jipang kacang makanan rignan khas dari Cilacap. Jipang kacang terbuat dari berbahan dasar yang sangat sederhana yaitu kacang tanah dan gula aren atau gula jawa.