Kuliner Kota Bandung Yang Enak dan Populer

Bandung merupakan surganya para pecinta kuliner malam. Hal ini berpengaruh banget kalau kamu sedang kelaparan di tengah hari, wisata kuliner di Bandung ini bisa jadi pilihan pada saat liburan ke Kota Bandung. Kota Bandung adalah kota metropolitan terbesar di Provinsi Jawa Barat, sekaligus menjadi ibu kota provinsi tersebut. Kota ini terletak 140 km sebelah tenggara Jakarta, dan merupakan kota terbesar di wilayah Pulau Jawa bagian selatan, dilansir dari wikipedia.org.

Berikut berbagai kuliner yang enak dan populer di kota Bandung.

1. Mie Kocok

kuliner kota bandung yang enak dan populer

Mie kocok adalah hidangan mi bercitarasa kaldu sapi khas kota Bandung, Jawa Barat. Hidangan ini terdiri atas mi kuning yang disajikan dalam kuah kaldu sapi kental, irisan kikil (tendon kaki sapi), bakso, taoge, jeruk nipis, dan ditaburi irisan seledri, daun bawang, dan bawang goreng, bisa juga menambahkan babat sapi.

Seperti namanya, mi kocokyaitu makanan berkuah berupa mi yang bentuknya pipih dicampur dengan berbagai sayuran dan tauge serta diberi tambahan kikil sapi.

2. Iga Bakar

kuliner kota bandung yang enak dan populer

Makanan yang satu ini memiliki tekstur dagingnya yang sangat lembut, bumbunya juga sangat terasa dalam potongan daging, karena bumbunya meresap sampai ke dalam daging. Iga bakar ini akan dihidangkan di piring panas yang terbuat dari tanah liat, sehingga akan dihasilkan cita rasa.

3. Seblak Bandung

Kuliner khas kota bandung

Seblak khas Bandung adalah makanan berbahan dasar kerupuk mentah yang kemudian sengaja di rendam dengan air panas agar bantat. Seblak khas Bandung kemudian disajikan dengan telur spesial.

4. Batagor Bandung

Kuliner kota Bandung yang enak

Batagor Bandung merupakan adonan tepung kanji dari ikan, daging ayam atau udang dibalut kulit pangsit dan tahu lalu digoreng. Memiliki cita rasa yang gurih renyah dan makin enak dipadu dengan bumbu kacang yang gurih pedas.

5. Surabi Bandung

kuliner kota bandung yang enak

Kuliner kota Bandung yang enak selanjutnya yaitu Surabi Bandung yang memiliki cita rasa manis yang menggunakan saus kinca, surabi juga ada versi asinnya yang menggunakan oncom sebagai topping, varian surabi pun sangat beragam. Makanan yang satu ini menjadi jajanan pasar tradisinal khas Bandung yang umumnya dijadikan sarapan dan cemilan pada saat malam hari.

Baca juga : Cara Membuat Lek Tau Suan Simple dan Mudah

6. Lotek

lotek makanan khas bandung

Lotek adalah campuran berbagai sayuran yang di satukan dengan bumbu kacang. Sayuran yang digunakan cukup beragam, adapun sayuran yang digunakan adalah kangkung, kacang panjang, toge, kentang dan kol. Makanan yang satu ini hampir mirip dengan gado – gado.

7. Gepuk Bandung

makanan kota bandung

Kuliner kota Bandung yang enak satu ini adalah gepuk. Gepung Bandung merupakan sebuah makanan khas Bandung Jawa Barat yang terbuat dari daging sapi, yang memiliki rasa sedikit manis dan juga lebih gurih.

8. Gunungan Keju

makanan kota bandung

Makanan yang satu ini sangat terkenal di kota Bandung sebagai makan malam. Menikmati suasana malam di lokasi yang menyediakan banyak kuliner malam ini. Kamu pasti sangat penasaran bagaimana suasana malam di kota Bandung.

Baca juga : Resep Cara Membuat Kue Bika Ambon

9. Combro Bandung

combro kuliner Bandung yang enak

 satu ini adalah combro yang terbuat dari parutan singkong, kelapa dan isian berupa oncom yang dilumatkan dengan aneka bumbu seperti bawang merah, putih, daun bawang dan lainnya. Adonan lalu dibentuk bulat panjang dan digoreng dengan api sedang. Yang terdapat isian combro pun sangat beragam dengan isian mangga, sosis ayam, terasi udang, telur dadar, jagung, abon, keju, dan masih banyak yang lainnya.

10. Wajit Cililin

makanan khas bandung

Wajit cililin adalah makanan yang terbuat dari berbahan dasar tepung ketan, gula merah, dan kelapa muda yang dimasak menjadi satu. Makanan ini menjadi makanan oleh – oleh khas Bandung.

Demikianlah 10 kuliner kota Bandung yang enak dan populer. Semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan Anda. Lihat artikel yang bermanfaat lainnya.