Cara Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi

Terkait dengan kesehatan organ reproduksi manusia adalah bagian dari tubuh yang paling rapuh. Jika tidak pintar – pintar menjaga organ reproduksi, bukan tidak mungkin suatu saat Anda akan mengalami gangguan reproduksi dan yang paling parah, kemungkinan Anda mengalami kesusahan dalam memiliki keturunan. Nah, simak berikut ini cara menjaga kesehatan alat reproduksi pada manusia.

1. Istirahat cukup

Istirahat cukup adalah salah satu kunci dari hidup sehat. Cara ini juga merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan organ reproduksi. Kurangnya istirahat dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang berpengaruh pada kesuburan.

2. Melakukan olahraga teratur

Dengan olahraga juga bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan reproduksi, selain itu juga bisa meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah. Olahraga ini bisa dilakukan secara rutin setidaknya 30 menit perhari agar mendapatkan efek positif pada kesehatan reproduksi.

3. Hindari minum alkohol

Bagaimana cara menjaga kesehatan organ reprosuksi?  Nah, perlu Anda ketahui yaitu menghindari minum alkohol secara berlebihan. Telah terbukti bisa memengaruhi kesehatan mental dan tubuh. Fungsi testis untuk memproduksi sperma dan hormon diyakini akan tertanggung jika para pria rutin mengomsumsi alkohol.

4. Hindari rokok

Cara menjaga kesehatan reproduksi yang dapat dihindari yaitu rokok. Merokok termasuk masalah tingkah laku utama yang dapat memengaruhi kesehatan reproduksi. Perokok kronis diketahui memiliki kualitas dan kuantitas sperma yang rendah.

Baca juga : Manfaat Minum Air Putih Bagi Tubuh

5. Menjalani gaya hidup sehat

Dengan diet sehat, olahraga teratur dan manajemen stress akan membuat sistem reproduksi tetap sehat dan sistem tubuh dalam kondisi baik.

6. Hindari pakai celana ketat

Nah, tidak mengenakan celana yang ketat yang dapat menekan bagian skerotum serta menghindari suhu udara panas yang ekstrim didaerah skrotum.

7. Memeriksa kasar PSA

Cara menjaga kesehatan organ reproduksi adalah memeriksa kasar PSA Tersting dengan pemeriksaan kasar  prostate specific antigen (PSA). Kadar yang lebih tinggi dari pada normal menunjukkan adanya gangguan fungsi kelenjar prostat, baik yang dikarenakan oleh adanya inflamasi, kanker prostat, bahkan tumor lainnya. Pemeriksaan ini adalah pemeriksaan darah screening yang tersedia bagi pria untuk mengetahui kelenjar prostat.

8. Berperilaku seksual secara sehat

Para ahli menyatakan penyakit menular yang diakibatkan melalui seksual dapat membuat Anda tidak subur. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan seks dengan aman. Jangan berganti – ganti pasangan untuk melakukan hubungan seks dan dianjurkan untuk menggunakan kond** ketika berhubungan seksual. Nah, berperilaku seksual yang sehat dengan menghindari aktivitas sesual berisiko untuk menghindari infeksi menular seksual.

9. Makan bergizi

Cara Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi

Cara menjaga kesehatan reproduksi, untuk para pria dianjurkan untuk mempertahankan diet yang bergizi sehat dan seimbang, terutama dengan mengurangi konsumsi lemak dan meningkatkan konsumsi serat.

10. Hindari stres

Cara menjaga kesehatan organ reproduksi yang perlu dihindari yaitu menghindari stres dan memberikan waktu yang cukup untuk beristirahat dengan tidur secara teratur setidaknya 7-8 jam sehari baik dilakukan, diulas dari doktersehat.com.

11. Menjaga kebersihan reproduksi

Menjaga kesehatan reproduksi merupakan salah satu cara menjaga kesehatan organ reproduksi paling dasar. Seperti yang kita ketahui secara umum memang kebersihan sangat terkait dengan kesehatan.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan organ reproduksi adalah seperti berikut ini:

  • Menjaga organ reproduksi agar tidak lembap. Pastikan untuk mengeringkan area kelamin menggunakan handuk yang lembut, kering dan bersih setiap diperlukan.
  • Bagi perempuan disarankan untuk membersihkan alat kelamin dari depan ke belakang untuk mencegah kuman di anus masuk ke organ reproduksi.
  • Bagi laki-laki disarankan untuk khitan atau sunat untuk menurunkan risiko penularan penyakit menular seksual.
  • Menggunakan pakaian dalam yang nyaman dan menyerap keringat.
  • Rutin mengganti pakaian dalam paling tidak 2 kali sehari.
  • Pakai handuk yang lembut, kering, bersih, dan tidak berbau atau lembab.
  • Memakai celana dalam dengan bahan yang mudah menyerap keringat

Nah, itulah tadi cara menjaga kesehatan organ reproduksi pada manusia. semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan Anda. Lihat artikel yang bermanfaat lainnya.

Terima kasih!