Cara Menggunakan Rumus IF di Microsoft Excel

Definisi microsoft office excel?

Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation yang dapat dijalankan pada Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dikutip dari wikipedia.org.

Microsoft Excel merupakan sebuah software spreadsheet yang paling sering dipakai di seluruh dunia. Software Excel digunakan oleh hampir semua bidang pekerjaan dari akuntansi dan keuangan, industri, statistik dan penelitian, dan banyak bidang yang lain. Sebagai sebuah software spreadsheet, Microsoft Excel memiliki fungsi untuk untuk mengelola data.

Fungsi rumus excel sangat beragam dan memiliki beragam fungsi pula. Mulai dari sum, average, hlookup, vlookup, hingga if biasa digunakan dalam Excel. Selain itu, meskipun banyak bermunculan software spreadsheet yang lain, Microsoft Excel tetap tak tergoyahkan dan telah menjadi standar software spreadsheet.

Bagaimana cara menggunakan rumus IF di Excel? Berikut pastikeren.id rangkum dari berbagai sumber tentang rumus IF pada excel.

1. Rumus IF tunggal

Berikut ini contoh rumus if lulus tidak lulus sebagai contoh dari cara menggunakan rumus if tunggal pada excel :

 bagaimana cara menggunakan rumus if

Pada contoh gambar di atas, rumus excel yang digunakan pada sel F2 ialah :

IF ( E2 > 140, ” LULUS “, ” GAGAL ” ).

Rumus excel if di atas menghasilkan sebuah nilai teks ” GAGAL “, karna uji logika pada sel E5 ( 135 ) tidak lebih dari 140.

Atau agar lebih mudah tarik kebawah tanda kotak kecil sampai berubah menjadi tanda + pada sel F5

Pada contoh sebelumnya fungsi IF hanya melakukan 1 kali evaluasi atau uji logika. lalu bagaimana jika kita ingin melakukan uji logika untuk beberapa kali dengan rumus if excel? Cara nya dengan rumus if bertingkat.

2. Rumus IF ganda atau bertingkat

Fungsi atau rumus excel IF bisa juga dimasukkan ke dalam fungsi IF yang lainnya. Karna kasus ini sering juga disebut dengan rumus if ganda, rumus if bertingkat, dan rumus if bersarang atau rumus if bercabang. Atau dalam istilah lainnya disebut juga dengna Nested IF Function.

Penerapan rumus IF bercabang ini maksimal nya hanya bisa digunakan sampai 64 cabang saja.

Selanjutnya silahkan kamu perhatikan contoh rumus IF bertingkat di bawah ini :

Pada contoh gambar di atas rumus if ganda yang digunakan pada sel F2 ialah :

IF ( C2 > 60, IF ( D2 > 60, ” LULUS “, ” GAGAL ” ), ” GAGAL ” )

Rumus IF di atas melakukan uji logika ganda pada 2 sel sekaligus secara bertahap yakni :

Cara menggunakan rumus ini jika C2 lebih dari 60 maka lakukan uji logika dengan rumus IF ke 2. Dan jika C2 tidak lebih dari 60 maka hasil nya ” GAGAL “.

Pada rumus if tingkat ke 2 jika D2 lebih dari 60 maka hasil nya ” LULUS “

Hasil akhir dari rumus if di atas yakni ” LULUS “. C2 dan D2 sama – sama lebih dari 60.

Contoh fungsi IF atau rumus IF excel yang bertingkat lain nya bisa kamu lihat pada gambar berikut ini :

cara menggunakan rumus IF bertingkat

IF ( D2 > 60, ” LULUS “, ” GAGAL “)

Jika Kondisi D2 Lebih dari 60, maka tulis ” LULUS “, tapi jika tidak lebih dari 60, maka tulis ” GAGAL “. Hasil evaluasi nya adalah ( True ) maka ditulis ” LULUS “.

IF ( D5 > 60, ” LULUS “, ” GAGAL ” )

Jika Kondisi D5 Lebih dari 60, maka tulis ” LULUS “,  tapi jika tidak lebih dari 60, maka tulis ” GAGAL “.Hasil evaluasi nya adalah ( False ) maka ditulis ” GAGAL “.

IF ( D2 >= 90, “A”, IF ( D2 >= 80, “B”, “C” ) )

Cara menggunakan rumus ini jika Kondisi D2 lebih dari atau sama dengan 90, maka tulis A, tapi jika tidak lebih dari atau sama dengan 90, evalusi lagi D2 apakah lebih dari atau sama dengan 80. Tapi jika D2 Lebih dari atau sama dengan 80, maka tulis B, dan jika tidak maka tulis C. Maka hasil akhir nya adalah A.

Fungsi dari rumus IF

SINGLE IF

Fungsi IF ini mungkin adalah salah satu fungsi rumus excel yang paling sering digunakan. Fungsi IF akan mengembalikan sebuah nilai jika kondisi yang dicek BENAR/SALAH dan mengembalikan sebuah nilai lainnya jika kondisi yang dicek SALAH/FALSE.

MULTI IF

Cara menggunakan rumus MULTI IF yang satu ini hampir sama dengan fungsi IF akan tetapi di ambil dari dua kondisi atau bisa ditumpuk beberapa perintah

COUNTIF

Fungsinya COUNTIF adalah untuk menghitung jumlah cell dalam suatu range dengan kriteria tertentu. Adapun rumus yang biasa digunakan adalah =COUNTIF(range;kriteria).

COUNTA

Fungsi COUNTA adalah untuk jumlah cell yang terisi, Misal dalam sebuah tabel terdapat 12 kolom dan kita ingin mengetahui berapa kolom atau cell yang sudah terisi.

FIND

Fungsi FIND digunakan untuk menemukan suatu teks atau potongan teks (string) tertentu pada sebuah cell yang berisi teks yang panjang. Jika sebuah string ditemukan pada sebuah teks, fungsi ini akan menampilkan posisi atau urutan karakter pertama string tersebut.

Selain itu, ada juga cara menggunakan rumus VLOOKUP dan HLOOKUP dengan mudah. Itulah penjelasan lengkap tentang rumus if pada excel beserta pengertian dan rumus nya semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda.

Terima kasih!