Cara Menggunakan Facebook Messenger Rooms

Facebook meluncurkan produk obrolan video yang mirip dengan aplikasi Zoom di Android atau Laptop yang diberi nama Facebook Messenger Rooms. Nantinya pengguna dapat melakukan panggilan video untuk keperluan rapat online dari Facebook maupun aplikasi messenger. Adapun partisipan yang diundang dapat diakomodir hingga 50 orang. Cara menggunakan Facebook Messenger Rooms bisa dilakukan dengan orang yang tidak memiliki akun Facebook. Selain itu juga tak ada batasan waktu untuk panggilan yang dilakukan, diulas dari kompas.com.

Room, juga dapat di-share di kabar berita, grup maupun event Facebook Anda. Selain dengan ponsel, Anda juga dapat menggunakan Facebook Messenger Rooms melalui PC tanpa perlu mengunduh aplikasi apa pun. Ke depan, Facebook juga berencana untuk menambahkan pilihan membuat Room dari Instagram direct, dan WhatsApp. Fitur nantinya akan dilengkapi 14 filter kamera dan latar belakang yang dapat diubah. Langsung aja simak cara menggunakan Facebook Messenget Rooms di bawah ini :

Cara instal Messenger room

  • Buka aplikasi Facebook atau Messenger. Jika tidak menemukan “Create Room” update messenger yang Anda miliki. Bisa juga Anda buka di https://www.messenger.com/rooms

Masuk ke dalam akun

cara menggunakan facebook messenger room

  • Apabila sudah di instal, langsung saja masuk ke akun. Ketuk tap “People” di kanan bawah layar Klik “ Create Room” lalu pilih orang yang ingin Anda ajak join Untuk melakukan share room dengan orang yang tidak memiliki akun Facebook, nantinya Anda dapat membagikan link kepada mereka.
  • Pertama, undang dulu siapa yang akan tergabung ke dalam room. Tap Who is invited.
  • Anda bisa memilih Friends atau Specified people
  • Friends, artinya semua orang yang berteman dengan Anda diperbolehkan untuk bergabung. Sedangkan Specific people, berarti hanya orang-orang tertentu saja sesuai pilihan Anda.
  • Kita coba yang spesifik dulu ya, jadi pilih nama-nama orang yang akan diundang ke dalam Room. Jika sudah, tap Invite.
  • Kemudian klik tombol Next.
  • Cara menggunakan facebook messenger rooms selanjutnya, undangan akan dikirimkan ke pengguna yang dipilih. Dan Anda akan mendapatkan notifikasi ketika pengguna-pengguna tersebut meminta bergabung. Tap Answer untuk menerima permintaan.
  • Maka ruang obrolan sakan dimulai. Di ruang ini, Anda dan semua anggota dapat berinteraksi secara mudah dan fleksibel tanpa batasan.
  • Setelah obrolan selesai, Room bisa dibagikan ke link masa untuk jadi arsip atau jika teman membutuhkan informasi terkait obrolan di dalamnya.

Siapa yang bisa menggunakan Messenger Room?
Siapa saja bisa memanfaatkan fitur baru Facebook Messenger ini. Bahkan bagi mereka yang tak punya akun Facebook sekalipun. Hanya saja, bagi yang bukan pengguna Facebook dan aplikasi messenger, tak bisa bertindak sebagai “host” –pihak yang membuat room dan mengundang peserta. Mereka hanya bisa bergabung sebagai partisipan saja.

Jadi kalau Anda kepingin punya room dan mengundang teman-teman untuk video conference, pastikan Anda pengguna Facebook dan punya aplikasi Messenger di ponsel android atau iPhone Anda. Kalau belum, ya unduh dulu di Play Store atau App Store.

Demikianlah cara menggunakan Facebook Messenger Rooms dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan Anda. Lihat artikel yang bermanfaat lainnya .

Terima kasih!