Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Apa itu surat lamaran kerja?

Surat lamaran kerja adalah sebuah surat pengantar yang melekat pada, atau yang menyertai dokumen lain seperti resume atau curriculum vitae, diulas dari wikipedia.org. Pada umumnya menulis surat lamaran kerja untuk diajukan ke perusahaan yang ingin dituju.

Dalam membuat surat lamaran kerja memang dapat dikatakan susah – susah gampang karena hal ini sangat berhubungan langsung dengan pihak perusahaan yang sedang Anda lama. Surat lamaran kerja harus dibuat dengan cara yang benar dan sesuai dengan aturan. Berikut dibawah ini langkah – langkah bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Langkah-langkah membuat surat lamaran kerja :

1. Tempat dan tanggal penulisan surat.

Cara membuat surat lamaran kerja pada bagian ini Anda harus menulis tempat dan waktu saan surat lamaran Anda dibuat ditempatkan dipojok kanan atas. Contoh : Bekasi, 16 Juli 2018

2. Alamat surat

Pada bagian ini ada beberapa hal penting yang harus Anda ketahui seperti :

  1. Tidak memakai kata “Kepada”.
  2. Alamat sebaiknya tidak lebih dari 3 baris.
  3. Jabatan tidak boleh memakai jenis kelamin seperti Bapak atau Ibu.
  4. Penulisan “jalan” pada alamat tidak boleh disingkat.
  5. Tidak menggunakan titik pada masing-masing akhir barisnya.

Contoh :
Yth. Direktur PT. Progrestek Abdibhakti Lokakarya
Sentra Bisnis Artha Gading Blok A6A No. 22-23, Jalan Boulevard Artha Gading
Jakarta Utara

3. Lampiran dan Perihal

Perihal surat adalah surat yang dikeluargan oleh orang, organisasi, atau lembaga tertentu. Hal ditulis secara singkat dan biasanya perihal atau hal digaris bawahi atau ditulis huruf kapital. Cara membuat surat lamaran pada bagian perihal ini berfungsi untuk mengetahui isi atau inti pokok masalah pada surat yang dikirimkan, tanpa harus membaca surat tersebut secara keseluruhan.

Baca juga : Cara Membuat CV yang Baik dan Benar

Cara menulis lampiran atau perihal sebaiknya tidak disingkat seperti dibawah ini :

  1. Kata “lampiran” dan “perihal” tidak disingkat, seperti “lamp” atau “hal”.
  2. Angka dalam lampiran ditulis dengan huruf.

Contohnya :
Lampiran : Lima lembar
Perihal : Lamaran Kerja

4.Dengan hormat

Kata “Dengan hormat” diikuti dengan tanda (,). Contohya : Dengan hormat,

5. Kata pengantar / alinea pembukaan surat lamaran

Dalam penulisan alinea pembukaan surat lamaran kerja wajib Anda cantumkan dimana Anda mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan yang Anda tuju. Sebutkan posisi jabatan pekerjaan yang Anda pilih jika dalam perusahaan tersebut membutuhkan banyak sekali karyawan baru.

6. Identitas pribadi

Pada isi identitas berisi kererangan berupa nama, tempat tanggal lahir, alamat, pendidikan terakhir, dan bisa juga ditambah sesuai degnan kebutuhan seperti agama, jenis kelamin, nomor handphone, email, dan sebagainya. Contoh:

nama : Suparno
tempat tanggal lahir : Bekasi, 23 November 2000
pendidikan terakhir : S1 Teknik Informatika
alamat : Jalan Jatinegara, Pondok Gede, Bekasi 17411

7. Pengalaman kerja dan kemampuan Anda

Tulis juga kemampuan Anda yang sekiranya dibutuhkan dalam perusahaan tersebut. Kemampuan yang Anda miliki sangat penting Anda jelaskan melalui surat lamaran kerja untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan perusahaan dalam menerima Anda. Apabila Anda fres graduate dan belum pernah bekerja maka Anda tidak perlu menulis pengalaman kerja. Anda bisa menuliskan kemampuan yang sekiranya dibutuhkan pada perusahaan tersebut.

8. Bagian Penutup

Cara membuat surat lamaran pada bagian penutup, ditulis untuk pembaca bahwa Anda memiliki keinginan yang besar supaya dapat diterima pada perusahaan tersebut. Selain itu jangan lupa untuk mengucapakan Terima kasih di akhir kata. Contoh :

“Sekiranya surat lamaran pekerjaan ini saya buat. Besar harapan saya untuk bisa menjadi bagian dari perusahaan….

9. Lampiran surat lamaran kerja

Agar perusahaan yang Anda tuju semakin yakin untuk menerima Anda, lampirkan juga hal-hal yang dapat menambah nilai Anda. Hal yang sebaiknya ada sebagai lampiran adalah:

  • Pas foto (foto terbaru)
  • Fotokopi KTP
  • Daftar riwayat hidup
  • Fotokopi ijazah terakhir
  • Fotokopi sertifikat kompetensi (kursus atau pelatihan yang pernah Anda ikuti)

10. Salam penutup Hormat saya, (Tanda tangan dan nama lengkap Anda)

Cara membuat surat lamaran pada bagian ini memang sepele tapi terkadang pihak HR perusahaan dapat membaca pribadi pelamar dari tanda tangannya. Maka dalam surat lamaran kerja tidak ada salahnya Anda membubuhkan tanda tangan dan nama terang Anda. Hal ini menjadi sangat penting sebagai bentuk etika, sopan santun, dan penghormatan.

Baca juga : Cara Membuat Makalah Dengan Baik dan Benar

Contoh: Hormat saya.

  • Tanda tangan ini umumnya berada di pojok kanan bawah surat, lalu dibawahnya ditulis nama lengkap.

Contoh :

Hormat saya
(ttd)
Suparno

Setelah Anda mengetahui cara membuat surat lamaran pekerjaan,Anda bisa melihat contoh-contoh surat lamaran pekerjaan di bawah ini.

cara membuat surat lamaran dengan baik dan benar

Itulah langkah – langkah cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan Anda. Lihat artikel yang bermanfaat lainnya.

Terima kasih!