Cara Membuat Rumus VLOOKUP di Excel
Apa itu VLOOKUP?
VLOOKUP adalah fungsi untuk mencari sebuah nilai yang berasal dari sekumpulan data-data atau tabel (lookup_arry) dimana yang nantinya jika nilainya sudah di temukan, maka akan menampilkan nilai yang ada pada kolom lainnya dari tabel tersebut yang didasarkan pada urutan sebuah kolom (vertikal) yang di butuhkan (col_index_num). Perhatikan contoh cara membuat rumus VLOOKUP di bawah ini yang telah di rangkum dari berbagai sumber.
Cara membuat rumus VLOOKUP untuk tim kerja yang akan bertugas
- Tanggal 1 – 3 Juli 2020 = Tim A
- Tanggal 4 – 5 Juli 2020 = Tim B
- Tanggal 6 – 10 Juli 2020 = Tim C
- Tanggal 11 – 12 Juli 2020 = Tim A
- Dan seterusnya.
Perlu Anda perhatikan, apabila list range tanggal harus disusun berurutan dari terkecil hingga ke yang terbesar, perhatikan pada sel A. Rumus VLOOKUP akan mengelompokkan tanggal yang akan di cari ke tanggal yang sama dari tanggal yang di cari.
Jika dalam membuat rumus VLOOKUP nomor 2 ini sebernarnya cukup diperlukan 3 parameter rumus VLOOKUP saja. Namun apabila mau, Anda juga bisa menambahkan angka 1 atau true sebagai parameter ke angka 4. Sehingga pada rumus terakhir bisa juga di tulis =VLOOKUP(E2,A2:B6,2,1) atau bisa juga =VLOOKUP(E2,A2:B6,2TRUE)
Selain itu Anda juga bisa mempelajari bagaimana cara menggunakan rumus VLOOKUP dan HLOOKUP yang baik dan benar. Dengan begitu mempermudah Anda untuk membantu pekerjaan freelance atau usaha kecil Anda.
Demikian itulah cara membuat rumus VLOOKUP dengan baik dan benar, semoga bermanfaat dan dapat mempermudahkan Anda dalam membuat rumus VLOOKUP untuk mengetahui tim kerja yang akan bertugas. Lihat artikel yang bermanfaat lainnya.
Terima kasih!