Cara Membuat Rumus VLOOKUP di Excel

Apa itu VLOOKUP?

VLOOKUP adalah fungsi untuk mencari sebuah nilai yang berasal dari sekumpulan data-data atau tabel (lookup_arry) dimana yang nantinya jika nilainya sudah di temukan, maka akan menampilkan nilai yang ada pada kolom lainnya dari tabel tersebut yang didasarkan pada urutan sebuah kolom (vertikal) yang di butuhkan (col_index_num). Perhatikan contoh cara membuat rumus VLOOKUP di bawah ini yang telah di rangkum dari berbagai sumber.

Untuk cara membuat rumus VLOOKUP ini, langkah pertama yang harus kita persiapkan adalah list data absensi pegawai. Pada List tersebut berisi sel tanggal pada setiap hari nya.
Perhatikan contoh dibawah ini, saya ambil contoh yang paling sederhana contohnya list status absensi untuk satu orang pegawai yang bermana Zulkarnain. List tanggal dan status absensi Anda buat di sel A dan sel B. Selanjutnya, tanggal yang dicari Anda buat Di sel lainnya. Contohnya di sel D3.
Maka rumus VLOOKUP untuk mencari status absensi kerja adalah sebagai berikut :
=VLOOKUP(D2,A3:B11,2)
Ada pun menampilkan dalam spread sheet mungkin akan seperti dalam gambar berikut:
Untuk cara membuat rumus VLOOKUP tanggal tanpa menggunakan referensi sel yang berfungsi menyimpan tanggal yang dicari maka Anda dapat mengetikan tanggal secara langsung pada cara membuat rumus VLOOKUP. Dalam hal ini Anda perlu menggunakan bantuan fungsi DATEVALUE  untuk menemukan perubahan dari satu tesk tanggal menjadi nilai tanggal.

Cara membuat rumus VLOOKUP untuk tim kerja yang akan bertugas

Misalnya dalam sebuah organisasi kerja  sudah diatur jadwal tim yang bertugas dalam range tanggal yang ditentukan. Nah, Anda bisa menggunakan rumus VLOOKUP untuk mengetahui tim mana yang seharusnya bertugas pada tanggal tertentu sesuai rumus pada VLOOKUP.
Nah, untuk keperluan ini, seperti biasa yang perlu Anda persiapkan terlebih dahulu yakni list range dan data tim mana yang bekerja pada range tanggal tersebut. Misalnya seperti contoh tanggal yang di bawah ini.
  • Tanggal 1 – 3 Juli 2020  = Tim A
  • Tanggal 4 – 5 Juli 2020 = Tim B
  • Tanggal 6 – 10 Juli 2020 = Tim C
  • Tanggal 11 – 12 Juli 2020 = Tim A
  • Dan seterusnya.
Selanjutnya, contoh Anda  ingin membuat rumus yang secara otomatis dapat memberikan informasi mengenai tim mana yang akan bertugas pada tanggal tertentu.
Misalnya tanggal yang dicari diletakan di sel E2, maka rumusnya dapat diketikan di sel E3 sebagai berikut :
=VLOOKUP(E2,A2:B6,2)

Perlu Anda perhatikan, apabila list range tanggal harus disusun berurutan dari terkecil hingga ke yang terbesar, perhatikan pada sel A. Rumus VLOOKUP akan mengelompokkan tanggal yang akan di cari ke tanggal yang sama dari tanggal yang di cari.

Jika dalam membuat rumus VLOOKUP nomor 2 ini sebernarnya cukup diperlukan 3 parameter rumus VLOOKUP saja. Namun apabila mau, Anda juga bisa menambahkan angka 1 atau true sebagai parameter ke angka 4. Sehingga pada rumus terakhir bisa juga di tulis =VLOOKUP(E2,A2:B6,2,1) atau bisa juga =VLOOKUP(E2,A2:B6,2TRUE)

Selain itu Anda juga bisa mempelajari bagaimana cara menggunakan rumus VLOOKUP dan HLOOKUP yang baik dan benar. Dengan begitu mempermudah Anda untuk membantu pekerjaan freelance atau usaha kecil Anda.

Demikian itulah cara membuat rumus VLOOKUP dengan baik dan benar, semoga bermanfaat dan dapat mempermudahkan Anda dalam membuat rumus VLOOKUP untuk mengetahui tim kerja yang akan bertugas. Lihat artikel yang bermanfaat lainnya.

Terima kasih!