Cara Membuat Presentasi yang Menarik

Apa itu Presentasi?

Presentasi adalah suatu kegiatan berbicara di hadapan banyak hadirin atau salah satu bentuk komunikasi, dikutip dari wikipedia.org. Hampir semua orang rasanya pernah berurusan dengan presentasi. Entah itu untuk menyampaikan materi di kelas, rapat bisnis, atau pertemuan komunitas. Pasti ada momen di saat kita harus membuat presentasi di depan audiens. Karena itulah penting untuk mengetahui cara membuat presentasi yang efektif. Berikut dibawah ini bagaimana cara membuat presentasi yang menarik.

Meminimalkan Jumlah Slide

Cara membuat presentasi yang menarik tentunya harus efektif dalam penyampaianya begitu juga dengan bahan presentasi yang harus menarik. Penyampaian dan penjelasan yang Anda berikan bakal menjadi faktor yang sangat penting dalam hal ini. Agar pesan bisa tersampaikan dengan baik dan perhatian audiens tidak beralih, dan pertahankan jumlah slide dalam presentasi seminimal mungkin. Kemampuan menarik minat audiens dibutuhkan untuk membuat presentasi Anda berhasil memikat banyak orang.

Pilih Font yang Mudah Dibaca

Cara membuat presentasi yang menarik tentunya harus memperhatikan juga font nya agar mudah dibaca oleh audiens. Hindari font yang rapat, seperti Arial yang menyempit, kemudian hindari juga font yang menyertakan tepian mewah, seperti kali. Memilih gaya font yang tepat, seperti Helvetica akan membantu menyampaikan pesan yang Anda bawakan dalam presentasi. Anda juga harus memperhatikan apakah font yang Anda pilih bisa dibaca dari jarak yang jauh atau tidak.

Pilih Ukuran Font yang Dapat Dibaca Audiens dari Kejauhan

Hal ini sama seperti pemilihan font, ukuran font juga memiliki peranan yang sangat penting sebagai cara membuat presentasi yang baik. Anda bisa berpatokan pada pengukuran berikut dalam menentukan ukuran font dilayar komputer.

Sebelum Anda harus mengaktifkan terlebih dahulu mode layar pentuh pada tab tampilan. Kemudian dalam grup tampilan presentasi, klik peragaan slide. Memilih ukuran font yang tepat dapat membantu penyampaikan pesan dari presentasi Anda kepada audiens.

Membuat Poin atau Kalimat Singkat

Salah satu cara membuat presentasi yang menarik ini bertujuan agar audiens mendengarkan Anda dalam meyampaikan informasi dan tidak terlalu berfokus ke layar monitor. Cobalah untuk mempertahankan masing – masing satu baris artinya, tanpa kalimat – kalimat teks yang panjang. Apabila menggunakan kalimat yang panjang, tentunya mengganggu konsentrasi audiens dari mendengarkan Anda karena membaca kalimat di slide presentasi.

Memeriksa Tata Bahasa dan Ejaan

Tata bahasa adalah ilmu yang mempelajari kaidah – kaidah yang mengatur penggunaan bahasa. Cara membuat presentasi yang menarik terakhir adalah menggunakan tata bahasa dan ejaan yang benar.

Hal ini kerap kali dianggap hal yang sepele, padahal adanya kesalahan kecil seperti ini sering diperhatikan oleh audiens. Demi mendapatkan dan mempertahakan rasa hormat dari audiens, selalu periksa terlebih dulu tata bahasa dan ejaan.

Baca juga : Cara Membuat Makalah Dengan Baik dan Benar

Gunakan Grafik Dalam Membantu Menyampaikan Pesan Presentasi

bagaimana cara membuat presentasi yang menarik.

Anda juga memasukkan berbagai grafik art guna untuk membantu menyampaikan presntasi. Namun jangan membebani audiens dengan menambahkan terlalu banyak grafik ke slide. Hal ini tentunya membuat presentasi Anda menjadi membosankan. Gunakan saja grafik yang secukupnya guna untuk membantu bercerita, tentu hal ini sangat baik untuk menarik audiens pada presentasi Anda.

Buat Label untuk Bagan dan Grafik Agar Mudah Dimengerti

Cara membuat presentasi yang menarik selanjutnya, agar presentasi Anda lebih mudah dimengerti, Anda bisa menggunakan teks yang cukup untuk membuat elemen label dalam grafik atau bagan. Hal ini membuat presentasi Anda akan efektif tersampaikan kepada para audiens

Pastikan Latar Belakang Slide Tetap Halus dan Konsisten

Membuat latar belakang slide tetap halus dan konstisten. Hal ini dilakukan agar audiens lebih nyaman melihat presentasi Anda. Pilih template yang konsisten, menarik, atau tema yang tidak telalu menarik perhatian. Namun jangan pilih yang terlalu mencolok agar tidak mengaburkan pesan presentasi Anda.

Gunakan Kontras Tinggi antara Warna Latar Belakang dan Warna Teks

Masih membahas tentang warna dan latar belakang, Anda bisa menggunakan kotras tinggi antara warna latar belakang dengan warna teks. Hal ni sangat penting dalam cara membuat presentasi yang menarik para audiens, dengan begitu agar tidak merasa terganggu ssaat melihat slide presentasi Anda. Tema secara otomatis mengatur kontras antara latar belakang gelap dengan teks berwarna terang.

Pertimbangkan lokasi tempat Anda melakukan presentasi

Hal ini juga perlu Anda perthatikan, apabila menyampaikan presentasi di tempat yang lebih kecil dan bisa mengatur pencahayaan ruangan, Anda mungkin dapat menggunakan slide dalam jumlah yang lebih banyak. Akan tetapi, sebaiknya Anda tidak memaksakan diri untuk memakai banyak slide jika Anda tidak sanggup untuk menjabarkan seluruh slide.

Itula cara membuat presentasi yang menarik para audiens, semoga dapat menambah pengetahuan Anda dalam berpresentasi. Lihat artikel yang menarik lainnya.

Terima kasih!