Cara Membuat Latar Belakang Skripsi yang Baik dan Benar

Apa itu latar belakang?

Latar belakang adalah dasar atau titik tolak untuk memberikan pemahaman kepada pembaca atau pendengar mengenai apa yang ingin kita sampaikan. Latar belakang yang baik harus disusun dengan sejelas mungkin dan bila perlu disertai dengan data atau fakta yang mendukung, diulas dari wikipedia.org.

Latar belakang merupakan uraian paragraf yang menjelaskan tentang alasan mengapa suatu karya tulis dibuat.  Misalnya saja, latar belakang skripsi memuat tentang mengapa topik skripsi tersebut harus dibuat. Begitu juga latar belakang proposal pertandingan, mengulas mengapa pertandingan tersebut harus diadakan. Dalam hal ini, latar belakang lebih mengarah pada urgensi atau kepentingan sih penulis dalam membuat sebuah karya tulis.

Tujuan membuatan latar belakang adalah untuk memberitahukan pada pembaca mengenai apa yang akan dibahas dalam hasil karya tulis tersebut. Posisi latar belakang pada sebuah tulisan selalu berada di paling depan. Kamu juga harus memikirkan topik penelitian yang akan dilakukan dan tidak boleh asal mencari judul karena pada saat kamu menulis latar belakang, akan membuat kesulitan menyelesaikannya.

Maka dari itu, menulis latar belakang memang lumayan sulit, ayo sama-sama mengetahui cara membuat latar belakang dalam pembuatan skripsi. Namun tidak hanya untuk skripsi saja, segala jenis penulisan karya ilmiah, pola penulisan latar belakang yang hampir sama.

Pahami Dulu Penelitian

Langkah pertama pahami dulu penelitian. Setidaknya membuat gambaran besar, tetapi tidak usah terlalu mendetail. Hanya diperlu dipahami ketika penelitian berlangsung. Namun jika sudah paham sampai detail penelitian lebih baik. Kesalahan yang pada saat penyusunan skripsi yaitu tidak memahmi penelitian yang hendak dilakukan sehingga kewalahan dalam menulis latar belakang.

Menggunakan Sistem Piramida Terbalik

cara membuat latar belakang skripsi yang baik dan benar1.

Maksudnya gimana? jadi dari yang paling hal umum terlebih dahulu baru ke hal khusus. Nah untuk ke hal yang umum itu, gunakanlah fenomena yang salah dan itu terjadi sekarang. Jadi dikasih tahu tuh kekurangan apa yang terjadi pada masa sekarang ini. Nah, tulis sekitar dua sampai tiga paragraf.

Kemudian, bahaslah beberapa teori yang akan digunakan dalam penelitian sekitar dua sampai tiga paragraf. Jangan lupa pula membahas beberapa penelitian yang telah berhasil mengenai model yang hendak diteliti. Ambil beberapa dari jurnal internasional yang kira-kira model penelitiannya sama. Ditambah dengan keberhasilan penelitian yang ditulis, tulis sekitar dua sampai tiga paragraf.

Selanjutnya diakhiri dengan kesimpulan yaitu judul penelitian yang hendak dilakukan. Misalnya, penelitian mengenai model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Nah, tentang fenomena pendidikan sekarang ini yang kurang memuaskan. Siswa tuh kebanyakan mendengarkan dari pada berpikir. Sehingga proses belajar kurang optimal, dengan ditambah lagi rata-rata nilai siswa yang kurang memuaskan.

Lalu, karena kekurangan itu, diberilah model PBL dengan dikasih tahu teori mengenai model PBL ini. Tentunya dengan bahasa yang ringkas. Tulisan juga mengenai kelebihan PBL membuat siswa berpikir. Proses belajar mengajar tidak hanya berpusat kepada guru, melainkan lebih kepada siswa. Sehingga sistem pembelajaran menjadi lebih baik.

Nah, ditulis juga mengenai keberhasilan teori PBL melalui penelitian lain yang didapat dari penelitian jurnah ilmiah agar lebih menarik. Sekitar dua sampai lima penelitian mengenai PBL ditambah dengan paparan hasil penelitian dalam bentuk kalimat ringkas.

Setelah itu ditulis kesimpulan, misalnya “Dari uraian di atas, penelitian tertarik melakukan penelitian dengan judul, “judul penelitian”

Oke, cara membuat latar belakang sudah selesai. Tapi setelah ini, jangan lupa mengenai revisi yang akan diberikan dosen pembimbing. 🙂

Menyimpulkan sebagai hipotesis 

Hipotesis tersebut merupakan jawaban kebenaran yang sifatnya sementara, yang akan diuji kebenarannya dengan data yang dikumpulkan melalui penelitian.

Sementara solusi yang diberikan dapat mengatasi masalah. Langkah terakhir setelah Anda menuliskan masalah, mencantumkan data-data pendukung, dan menentukan solusi yang di dukung oleh teori-teori serta penelitian terdahulu adalah menuliskan kesimpulan. Kesimpulan di latar belakang adalah kesimpulan yang melandasai kamu melakukan penelitian ini.

Pada latar belakang tersebut membrikan solusi yang diberikan akan masalah yang timbul. Ada masalah A maka solusinya adalah B karena latar belakang tersebut adalah solusi maka dimulailah masalah dengan masalah yang harus diperbaiki dalam penelitian.

Misalnya, siswa kebanyakan mengantuk mendengarkan penjelasan guru dalam pembelajaran. Maka diberikan solusi model pembelajaran PBL memfokuskan guru untuk memberi pertanyaan kepada siswa. Nah sehingga mau tidak mau siswa harus melek agar tidak ketinggalan penjelasan. Takut kalau ada pertanyaan dari guru siswa tidak bisa menjawab, diberikan sanksi tentunya.

Dalam membuat latar belakang sebenarnya hanya ada dua kata kunci umum yaitu, ada masalah dan di carikan solusi. Yang membuat banyak dan panjang latar belakang adalah data-data pendukungnya. Mulai dari Landasan Yuridis, Landasan Empiris, Landasan Teoritis, dan Penelitian Terdahulu.

Jangan lupa untuk memberikan bukti ilmiah mengenai keberhasilan model yang diberikan. Misalkan, saya ingin meneliti model PBL, maka saya berikan keberhasilan model PBL dalam penelitian lain yang kira-kira topiknya sama. Hal inilah yang membuat latar belakang menjadi sulit, diulas dari amru.id.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya, untuk cara membuat latar belakang berarti harus banyak membaca. Setidaknya banyak membaca mengenai jurnal penelitian yang kira-kira topiknya sama. Skripsi sebelumnya sih bisa, tapi kebanyakan dosen pembimbing tidak mau menerimanya. Jangan malas membaca. Kalau sebelum menyentuh skripsi kamu begitu malas membaca. Paksakan dulu deh rajin membaca ketika menulis skripsi. Membaca itu gampang kok, nggak mesti mengelurkan tenaga banyak. Kalau sudah banyak membaca, penelitian sudah tahu garis besarnya, maka menulis latar belakang akan mudah.

Nah, selain cara cepat membuat latar belakang skripsi kamu juga bisa dengan mudah membuat laporan praktikum untuk mengerjakan hasil praktikum kamu. Itu dulu, semoga ulasan di atas bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kamu.

Terima kasih!