Cara membuat Google Forms yang Menarik

Apa itu Google forms?

Google forms adalah aplikasi administrasi survei yang termasuk dalam suite kantor Google draver rsama dengan Google Dokumen, Google Sheets, dan Google Slides. Berikut simak di bawah ini bagaimana cara membuat google forms yang menarik.

1 Login Akun Google

Untukpertama menggunakan layanan Google, tentunya Anda harus membuat akun Gmail. Pastikan akun email Google sudah dibuat sebelumnya kemudian login seperti biasa.

2 Masuk ke Google Forms

Anda bisa masuk ke Google Form dengan 2 cara:

  • Dari Forms.google.com, klik tombol Blank atau pilih template
  • Dari akun Google, pilih drive. Dari google.com, klik New > Lainnya. Di samping Google Forms, arahkan ke Panah kanan dan klik Blank formor Froms a template.
cara membuat google from yang menarik
                                                                                     sumber finansialku.com

Di sini Anda dapat memilih dua jenis workspace yaitu blank forms atau menggunakan template. Ubah warna latar belakang atau tema: Klik palet atau Palet Warna, lalu pilih warna atau tema.

  • Untuk survei dan kuesioner yang formal sebaiknya menggunakan blank form
  • Survei non formal dapat memakai template. Ada banyak template yang disediakan Google Forms, pilih saja yang menurut Anda menarik.

Setelah itu Anda akan masuk ke halaman workspace google forms.

3. Ganti Judul Forms

Anda bisa mengganti judul form yang masih Untitled menggunakan judul Anda sendiri. Di pojok kiri atas, klik Untitled forms atau nama formulir template dan masukkan nama baru. (Opsional) Tambahkan deskripsi: Di bawah nama forms, tambahkan teks yang mendeskripsikan forms Anda.

4. Buat Pertanyaan

Dalam cara membaut Google forms, silakan masukan pertanyaan sesuai keinginan Anda, kemudian tentukan jenis dari pertanyaan tersebut. Google Forms menyediakan berbagai field untuk memudahkan dalam pembuatan formulir survei.

Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Short Answer, field ini dapat digunakan untuk jenis pertanyaan yang hanya memiliki jawaban pendek. Contoh pertanyaan yang menggunakan field short answer yaitu Nama Lengkap, Asal sekolah, Kelas, Email, Nomor Ponsel, dan masih banyak pertanyaan lainnya.
  • Paragraph, filed paragraph digunakan untuk suatu pertanyaan yang membutuhkan jawaban panjang. Bisa berupa kalimat atau paragraf.
  • Multiple Choice, filed multiple choice digunakan untuk pertanyaan pilihan dimana responden hanya dapat memilih satu diantara semua jawaban yang diberikan.

Contoh pertanyaan Jenis Kelamin:

  1. Laki – laki
  2. Perempuan
  • Checkboxes : Hampir mirip dengan multiple choice tetapi responden dapat memilih lebih dari satu jawaban.
  • Dropdown : Field dropdown mengizinkan responden untuk memilih satu jawaban yang disediakan. Tetapi pilihan jawaban baru muncul ketika field dropdown di klik.
  • File Upload : Field ini mengizinkan responden untuk upload file, misalnya upload file gambar foto.
  • Linear Scale : Mengizinkan responden untuk memilih jawaban dalam bentuk skala. Misalnya skala rating antara 1 sampai 10.
  • Multiple Choice Grid : Field multiple choice grid akan menampilkan jawaban dalam bentuk grid atau kolom. Responden hanya dapat memilih satu jawaban.
  • Checkbox Grid : Sama seperti filed checkbox biasa, tetapi tampilan jawaban dalam bentuk grid atau kolom. Responden dapat memilih lebih dari satu jawaban.
  • Date : Field yang berguna untuk menampilkan tanggal.
  • Time : Field yang dapat menampilkan waktu atau jam.
cara membuat google forms yang menarik
                                                                                sumber finansialku.com

Tentu fitur-fitur umum seperti menambahkan gambar dan video bisa Anda lakukan juga. Setelah memilih jenis pertanyaan, Anda selanjutnya dapat memilih jenis respon yang Anda harapkan dengan memiliki opsi respon. Untuk menentukan apakah orang harus menjawab pertanyaan, klik Required.

Baca juga : Cara Membuat CV yang Baik dan Benar

Anda juga bisa membuat responden mengunggah file seperti foto maupun dokumen. Jika telah selesai menyusun pertanyaan, klik tombol Preview untuk melihat hasil form yang sudah dibuat. Tombol berada di bagian kanan atas.

5. Kirim atau Bagikan Forms

Bagian Confirmation Page adalah halaman yang muncul setelah forms nanti di-submit oleh pengisi forms, Anda dibebaskan untuk menggantinya sesuai keinginan Anda dan setelah pembuatan forms dan halaman konfirmasinya selesai, silakan klik Send Forms. Jendela baru yang berisi URL forms Anda akan muncul, Anda bisa langsung copy dan menyebarkan URL forms Anda atau memperpendek URLnya terlebih dahulu dengan cara memberikan centang pada bagian Short URL.

Anda bisa membagikan URL tersebut kepada para responden dengan banyak cara, mulai dari membagikannya via media sosial, chat pribadi, dan masih banyak lagi. Untuk mengirimkan secara langsung form pada media sosial, Anda tinggal klik salah satu ikon media sosial.

6. Mengelola Data

Cara membuat google forms, semua data yang masuk kedalam forms (telah di-submit) akan masuk dalam dokumen spreadsheet yang ada di google drive. Anda bisa mengaksesnya dengan menekan pilihan View Responses yang berada di halaman editor form.

7. Melihat Jawaban Formulir

Cara Membuat Google Forms

Setelah membagikan Google forms tersebut, tentu orang akan mengisi formulir tersebut. Untuk melihat tanggapan dari orang – orang, Anda bisa klik menu Tanggapan yang ada di samping menu Pertanyaan. Nah, untuk melihat jawaban – jawaban orang tersebut akan tersimpan dan hanya Anda yang bisa melihatnya.