Cara Membuat Fried Chicken Gurih

Dilansir dari Wikipedia.org Kentucky Fried Chicken (KFC) merupakan potongan ayam goreng yang di bumbu dengan menggunakan resep rempah – rempah. KFC makanan restoran cepat saji di Indonesia yang telah terbesar di berbagai dunia.

KFC menjadi fitur rantai sejak pertama kali diperkenalkan oleh franchisee pete  harman pada tahun 1957. Kentucky fried chiken didirikan oleh Kolonel harland sanders, seorang pengusaha yang mulai menjual ayam dari restoran pinggir jalan harman pada tahun 1957 di Corbin. Untuk cara membuat fried chicken dengan menghasilkan cita rasa yang gurih dan renyah sangat lah mudah. 

Menu yang tersaji sangat bervariasi seperti KFC menu goceng, seperti cream soup, KFC puding, KFC soup, dan perkedel. Ada juga menu KFC menu ala carte seperti crispy strip, wing bucket original, KFC organis rice, chicken crispy, dan masih banyak lagi. Ada pula menu lainnya seperti paket KFC menu praktis, menu KFC minuman, paket KFC. 

Memulai Bisnis Rumahan

Banyak pula yang merintis usaha bisnis fried chicken rumahan yang memanfaatkan pinggir jalan yang ramai untuk mereka berjualan. Ada pula yang baru – baru ini sangat populer yaitu Hisana Fried Chicken (HFC). Sama hal nya seperti KFC hanya saja hisana baru – baru ini melesat sangat cepat seperti roket, hingga sudah banyak membuka ratusan outlet.

Setelah di teliti hisana telah membuka kurang lebih 600an outlet yang telah tersebar di berbagai provinsi di Indonesia. Nama Hisana sendiri berasal dari anak keduanya yang lahir ketika ia mendirikan usaha ini. Namun, tidak hanya itu, banyak juga orang yang membuka usaha KFC yang sukses seperti HFC.

Baca juga : Cara Membuat Spaghetti Veggie Carbonara

Langsung aja kita ke cara pembuatannya, ayo kita simak sama – sama cara membuat fried chicken gurih di bawah ini :

Bahan yang disiapkan :

Bahan pertama :

– 800 atau 1000 gram ayam bagian paha dan dada lalu potong sesuai selera.
– 250 ml air es
– 1 butir telur dan garam kocok hingga lepas
– 1 sendok teh baking soda

Bahan kedua :

– 1 ruas jahe
– 1 sendok teh merica bubuk 
– 11 siung bawang putih
– 1 ruas kunyit
– 1 sendok teh garam
– 2 blok kaldu ayam
– 1/2 sdt ketumbar
– 3 buah cabe merah


Bahan ketika :
– 150 gram maizena 
– 450 gram terigu degnan protein tinggi
– 150 gram maizena
– 1 sendok teh lada.
– 1 sdt bubuk cabe merah 
– Kaldu atau garam secukupnya
– 1 sdt bubuk basil

Cara membuat fried chicken gurih :

  1. Pertama, campur seluruh bahan ketiga yang telah disiapkan tadi, lalu aduk hingga tercampur dengan rata, kemudian sisihkan.
  2. Cuci bersih ayam kemudian campur dengan bahan – bahan kedua yang sudah dihaluskan, lalu masukkan ayam yang sudah di bumbui ke dalam plastik di ikat, kemudian masukkan ke kulkas sekitar 4 – 5 jam agar bumbunya meresap ke dalam ayamnya.
  3. Berlanjut, siapkan untuk bahan celupannya. Caranya siapkan air dingin yang ada di bahan pertama di campur degnan 5 sendok makan campurkan dari bahan yang ketiga. Tambahkan juga soda kue dari bahan pertama. Kemudian sisihkan atau simpan di kulkas dulu agar tetap dingiin dan menempel maksimal
  4. Setelah dingin, keluarkan ayam dari kulkas, tambahkan dengan kocokan telur di bahan yang pertama, dan aduk rata semua bahan. Kemudian balurkan ayam pada tepung pelapis (bahan ketiga tadi), lalu dikibas – kibas ayam, celup lagi dengan air dingin , balurkan lagi dalam tepung pelapis sambil di remas – remas agar tepung menempel. Lakukan seperti itu hingga semua ayam dan adonannya habis.
  5. Supaya hasilnya renyah, saat melakukan penepungan ke bahan pelapis usahakan tepat di waktu sesaat mau masuk ke penggorengan berikutnya. Barulah proses remas. Ayam tepung tidak akan terlalu lama menunggu karena jika terlalu lama didiamkan hasilnya bisa menjadi tidak renyah atau keras.
  6. Kemudian, goreng ayam dengan minyak yang banyak, goreng hingga matang kuning kecokelat – cokelatan. Jangan sampai terlalu sering membalikkan karena kulitnya bisa hancur.
  7. Tunggu hingga tesktur daging dalamnya matang sempurnya, waktu menggorengnya menggunakan minyak yang banyak sampai terendam ayamnya dan apinya cenderung kecil.
  8. Setelah itu, ayam goreng tepung renyah dan gurih siap di sajikan dan bisa ditambahkan saus tomat untuk menambah cita rasanya.  Selamat mencoba!

Cobalah merintis usaha bisnis fried chicken dengan sungguh – sungguh, kamu akan menciptakan hasil yang tidak mengecewakan. Kamu jadikan ini contoh serta motivasi untuk berani mengambil langkah pertama dalam menjalankan usaha. Itulah cara membuat fried chicken gurih, lihat artikel yang bermanfaat lainnya.