Cara Membuat CV yang Baik dan Benar

Apa itu arti dari curriculum vitae (CV)?

Curriculum vitae adalah dokumen yang memberikan gambaran mengenai pengalaman sesorang dan kualifikasi lainnya. Diulas dari wikipedia.org. Curriculum Vitae (CV) atau daftar riwayat hidup menjadi syarat utama untuk melamar kerja. Dengan melihat CV saja, perusahaan bisa tahu si pelamar layak direktur. Maka dari itu sebaiknya mencari tahu bagaimana cara membuat CV yang baik dan benar dari word agar cepat mendapat kerja.

Apalagi secara tidak langsung CV menjadi cerminan apakah Anda tampak profesional atau tidak. Nah, disini CV seolah menjadi penentu apakah seseorang bisa di terima atau ditolak lamarannya. Dalam ulasan kali ini, Saya ingin berbagi informasi mengenai cara membuat salah satu dokumen untuk melamar pekerjaan yang menarik.

Sebab, untuk memenangkan persaingan kerja, butuh persiapan benar – benar matang, termasuk pula mempersiapkan CV. Bagaimana cara membuat CV yang menarik sesuai kriteria perekrut? Sebenarnya, dalam pembuatan CV itu, informasi yang mesti disajikan tidak perlu sampai berlembar – lembar. Langsung saja simak ulasan dibawah ini.

Cantumkan nama, alamat, nomor telepon, email dan posisikan berada di CV Header atau bagian atas

Posisikan informasi pribadi di bagian atas CV atau CV header. Sebab informasi ini yang bakal dilihat pertama kali oleh perekrut. Perhatikan juga penggunaan ukuran font pada nama. Idealnya, ukuran font pada nama itu harus lebih besar dari teks yang lain.

Posisikan informasi pribadi dibagian atas CV atau CV header. Karena informasi ini yang bakal dilihat pertama kali oleh perekrut. Dalam penulisan informasi pribadi ni , Anda harus menempatkan nama di posisi teratas. Kemudian dibawahnya tuliskan alamat. Dibawahnya alamat nomor telepon. Lalu dibawah nomor telepon email.

Cara membuat CV, informasi pribadi itu wajib ada. Tidak harus panjang dan detail, Anda hanya perlu mencantumkan nama, alamat, nomor telepon, dan email. Perhatikan juga penggunaan ukuran font pada nama. Idealnya, ukuran font pada nama itu harus lebih besar dari teks lainnya.

Baca jgua : Cara Membuat Makalah Dengan Baik dan Benar

Tuliskan CV Summary atau CV Objective dan tempatkan di bawah informasi pribadi

Umumnya CV summary atau CV objective ini berisi tentang perjalanan karier. Namun, karena kamu masih pemula dalam pembuatan CV, ringkasan perjalanan karier bisa diganti dengan ringkasan perjalanan pendidikan kamu. Misalnnya Anda bercerita mengenai jurusan yang Anda ambil selama menjalani pendidikan.

Namun, apabila Anda masih pemula dalam pembuatan CV, ringkasan perjalanan karier bisa diganti dengan ringkasan perjalanan pendidikan Anda. Lalu mulai berapa lama pendidikan tersebut ditempuh. Kemudian apa saja yang Anda peroleh selama menjalani pendidikan tersebut. Tuliskan semuanya dalam satu paragraf sebanyak tiga baris.

Cantumkan pengelaman kerja walaupun itu sebatas magang asalkan masih terkait dengan pendidikan yang dijalani

Buat yang masih fresh graduate, Anda bisa mencantumkan pengalaman magang atau pekerjaan lain asalkan msih ada hubungannya dengan pendidikan yang ditempuh. Maka dari itu dalam membuat CV, pastikan pengalaman kerja itu ditulis benar – benar. Informasi utama yang harus ditulis adalah tanggung jawab selama menjalani pekerjaan tersebut.

Perekrut biasanya melihat pengalaman kerja sebagai pertimabngan mereka dalam memberi undangan interview. Jangan sampai ada yang terlewat dalam membuat informasi tersebut. Dalam menyajikan informasi pengalaman kerja, pekerjaan terakhir dianjurkan buat ditempatkan di urutan pertama.

Tuliskan pendidikan yang udah dijalani, terutama perguruan tinggi kalau ada dan tempatkan posisinya di bawah pengalaman kerja

Sebaiknya tulis saja yang penting – penting pendidikan yang pernah dijalani. Hal yang di perhatikan dalam penulisan latar belakang pendidikan adalah, nama universitas atau sekolah, lamanya menempuh pendidikan, jurusan yang diambil, nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) atau Nilai Ujian Nasional (UN).

Tampilkan skill yang dikuasai

Cara membuat CV ada baiknya Anda masukkan kemampuan atau skill yang relevan dengan pekerjaan yang ingin kamu dapatkan. Seperti kamu mengetahu pekerjaan apa yang ingin didapatkan dan skill – skill apa yang dibutuhkan dalam pekerjaan tersebut. Contohnya pekerjaan yang Anda lamar adalah desain grafis. Masukkan kemampuan bahwa kamu bisa mengoperasikan adobe illustrator, dsb. Nah, hindari memasukkan skill – skill yang semua orang bisa melakukannya, seperi menggunakan Ms. Word.

Menunjukkan informasi riwayat organisasi

Informasi yang satu ini sebenarnya cuma informasi tambahan saja. Walaupun begitu, ternyata ada juga perekrut yang memperhatikan poin – poin tersebut. Pastikan semua pernyataan dalam resume faktual dan tepat secara tata bahasa, serta semua kata yang digunakan memiliki ejaan yang baik.

Baca juga : Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Cara Membuat CV yang Menarik di Word

Membuat CV di word sekarang menjadi lebih mudah. Namun, tergantung dari software microsoft word yang Anda gunakan. Pastikan word yang Anda gunakan adalah microsoft word 2010.

  • Buka Microsoft Word 2010 lalu pilih menu File
  • Pilih New lalu pilih Resumes and Cover Letters
  • Pilih salah satu template CV dan Download
Cara membuat CV di word menggunakan template
Cara Membuat CV Yang Menarik

Simak cara membuatnya dibawah ini.

Pilih Template yang Telah Tersedia

Caranya cukup mudah, kamu tinggal mengklik menu File, lalu pilih New. Saat itu, berbagai template yang telah tersedia akan ditampilkan. Pilih template yang kamu inginkan.

– Unduh Template secara Online

Selain itu, Anda juga bisa memilih template dengan mengunduhnya secara online sebagai salah satu cara membuat CV yang menarik di word. Caranya cukup dengan membuka dokumen baru dan carilah “resumes” pada segmen “Microsoft Office Online”.

Selain itu, Anda juga bisa mengunduh template secara online tanpa membuka Microsof Word terlebih dahulu dengan menggunakan Office Online. Kunjungi situs web resminya di https://templates.office.com/ dan klik segmen resume dan surat pengantar. Segmen ini ditampilkan dalam modul yang berada di sisi kiri layar dengan label “Browse by Category”.

– Selesaikan CV

Selanjutnya, Anda tinggal menyelesaikan template yang telah diunduh. Format, tata letak, dan presentasi memang merupakan aspek penting dalam membuat CV yang baik dan benar, tetapi aspek – aspek tersebut tetap tidak dapat menutupi tulisan yang buruk dan kesalahan ejaan dan tata bahasa. Setelah memilih template yang tampak profesional dan sesuai dengan jenis pekerjaan yang kamu inginkan, kamu bisa menghapus teks bawaan dan menambahkan informasi pribadi. Jangan lupa untuk memeriksa CV secara teliti, apakah masih ada yang salah kata atau format

Begitulah cara membuat CV yang menarik di Word yang dikutip dari berbagai sumber. Tentunya tidak begitu sulit untuk dipraktikkan. Lihat artikel yang bermanfaat lainnya.

Terima kasih!