Cara Membuat Artikel yang Baik dan Benar

Apa itu artikel?

Artikel adalah suatu karya tulis yang ditulis secara lengkap berisi gagasan atau karangan faktual secara lengkap bertujuan untuk menyampaikan gagasan. Ada juga yang menyebutkan artikel adalah suatu karangan berupa essay yang isinya menyampaikan fakta-fakta atau ide-ide secara objektif. Dikutip dari wikipedia.org.

Berikut dibawah ini tips bagaimana cara membuat artikel yang baik dan benar.

Menentukan Tema

Cara membuat artikel adalah menentukan tema yang Anda kuasai. Sebaiknya Anda memilih tema yang benar – benar Anda kuasai sehingga Anda akan enjoy untuk menulis artikel.

Baca juga : Cara Membuat Presentasi yang Menarik

Hindari menulis artikel dengan tema yang aneh atau sangat awam bagi Anda karena itu akan membuat Anda mengalami kesulitan bahkan bisa membuat Anda tidak bisa menyelesaikan artikel sampai dengan selesai. Apabila Anda menguasai temanya, pasti Anda akan lebih menikmasti untuk mengerjakannya.

Menentukan Judul

Cara membuat artikel yang satu ini merupakan hal yang sangat penting. Buat judul yang bisa membuat pembaca terpikat dengan tulisan Anda. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan dengan judul mulai dari membuat judul yang formal sampai membuat judul yang clikbait atau call to action.

Hal tersebut tentu dapat mengundang calon pembaca Anda untuk membaca artikel tersebut. Buatlah judul semenarik mungkin karena judul menjadi hal pertama kali dilihat oleh calon pembaca ketika ingin membaca sebuah artikel.

Menyusun Kerangka Artikel

Cara membuat kerangka artikel adalah harus menyusun kerangka artikel, merupakan cara membuat artikel bagi pemula yang dapat menjadikan artikel semakin padat dan bagus. Caranya yaitu tulislah seluruh poin – poin yang pentung yang akan ditulis di artikel Anda. Dari beberapa poin yang telah Anda tulis, bisa dikembangkann menjadi tulisan yang menarik.

Mencari Referensi

Sebelum kerangka artikel yang Anda buat dituangkan dalam sebuah tulisan, sebaiknya Anda mencari referensi sebanyak mungkin untuk Anda baca terlebih dahulu. Dengan begitu, apabila Anda menulis isi artikel, Anda tidak akan kesulitan. Namun, jangan hanya tertarik pada satu referensi, akan tetapi carilah beberapa referensi agar bisa membuat artikel Anda lebih menarik. Anda bisa mencari referensi dengan membaca buku karena dengan membaca buku bisa meningkatkan kemampuan Anda untuk menulis.

Bayangkan jika Anda sedang Berbicara dengan Pembaca

Cara membuat artikel yang selanjutnya adalah bayangkan jika Anda sedang berbicara dengan pembaca. Anda juga harus tahu pembaca artikel Anda sehingga ketika menulis artikel Anda Bisa menyeseuaikan dengan target pembaca. Hal yang perlu Anda tahu dalam membuat artikel adalah tulisan artikel yang Anda buat tidak hanya untuk diri sendiri. Melainkan tulisan tersebut disajikan utnuk pembaca. Sebaiknya gunakanlah kata – kata yang mudah untuk dipahami agar pembaca tidak kesulitan membaca artikel yang Anda buat.

Menulis Ide yang Anda Miliki tanpa Takut Salah

Bagi seorang pemula, ketika Anda membuat sebuah artikel tulislah ide yang Anda miliki tanpa Anda takut salah. Semua ide yang berkaitan dengan apa yang akan Anda tulis segera tulis. Untuk EYD sebaiknya Anda pikirkan jika ide yang Anda miliki sudah Anda tuankan dalam sebuah tulisan. Ketika membuat sebuah artikel hal yang harus dimiliki yaitu rasa percaya diri dan memiliki keberanian untuk menulis. Hilangkan rasa takut agar Anda bisa merasa percaya diri untuk menuangkan ide Anda menjadi sebuah tulisan.

Tulis pengantar artikel

cara membuat artikel dengan baik dan benar

Cara membuat artikel agar menarik selanjutnya adalah penulisan pengantar pada rtikel apakah sesuai dengan kebutuhan mereka. Cobalah utnuk membaut satu paragraf pengantar yang memberikan informasi tentang latar belakang dan tujuan artikel. Dengan ini pembaca akan mencarai tujuan dari artikel yang akan dibaca. Salah satunya menyelipkan kalimat tanya di awal artikel seperti “bagaimana cara menulis pengantar artikel yang baik dan benar?. Hal ini juga baik untuk ke artikel inti.

Tambahkan foto

Jika Anda adalah seorang yang suka memoret atau pandai menggambar maka akan bagus jika mengambil gambar dari keahlian Anda tersebut. Jika tidak bisa melakukan lakukan keduanya Anda mungkin dapat menambahkan ilustrasi visual dari google namun tetap memberikan sumber yang jelas atau Anda dapat meminta tolong rekan yang memiliki kemampuan tersebut. Sebuah artikel tentang membuat sebuah benda maka akan memberikan gambaran bagaimana susunan membaut benda tersebut yang akan diikuti dengan deskripsi teks sebagai penunjang.

Membaca Ulang Artikel yang Anda Tulis

Selanjutnya, setelah artikel yang Anda buat sudah selesai Anda mereview kembali artikel yang Anda buat atau membaca ulang artikel yang sudah Anda tulis apakah sudah benar atau ada yang typo (salah ketik).

Itulah cara membuat artikel yang baik dan benar. Semoga ulasan diatas dapat menambah pengetahuan Anda dalam menulis artikel. Lihat artikel yang bermanfaat lainnya

Terima kasih!