Cara Agar Tidak Malas Melaksanakan Sholat

Cara Agar Tidak Malas Melaksanakan Sholat – Agar Anda mengetahui tujuan diciptakan manusia merupakan untuk beribadan kepada Allah SWT dan itu tertulis jelas di dalam Al-qur’an. Tetapi kita akan kesulitan untuk beribadah, terutama dikarenakan rasa malas yang muncul.

Rasa malas juga dapat membuat kita memiliki salah satu sifat munafik, seperti seringnya meninggalkan Sholat Subuh dan Isya. Sholat yang paling sering ditinggalkan oleh umat Islam adalah Sholat subuh dan isya, hal ini pun mempertandakan sifat orang munafik. Seperti yang hadist yang berbunyi sebagai berikut :

Rasullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, bersabda : Tidak ada sholat yang lebih berat bagi orang – orang munafik dari pada sholat subuh dan sholat ista.’ Seandainya mereka mengetahui keutamaan yang pada kedua sholat tersebut, maka pasti akan berusaha mendatanginya meskipun harus merangkak. (HR. Al-Bukhâri, 1/ 160)

Tetapi disisi lain, kita harus sering melihat ada orang yang rajin melaksanakan shalat dan tampak tenang dan khusyuk saat melaksanakan sholat, salah satunya mereka yang bersegera melakukan sholat saat sudah masuk waktu shalat.

Kadang suka penasaran melihat mereka yang sudah tahu nikmatnya melaksanakan sholat. Bagaimana mereka dapat seperti itu, ternyata karena mereka sudah tahu rahasia agar kecanduan sholat.

Cara Agar Tidak Malas Melaksanakan Sholat

Cara agar tidak malas melaksanakan sholat

Simak berikut ini cara agar tidak malas melaksanakan sholat :

1. Ketika adzan berkumandang

Cara agar tidak malas melaksanakan sholat, bicaralah pada diri sendiri bahwa Allah memanggil kita untuk bertemu dengan-Nya dalam shalat. Serta ingatkan diri kita bahwa kita sudah berumur, maka shalatlah dan perbanyak amal.

2. Harus tetap menunaikan shalat

Cara agar tidak malas melaksanakan sholat, seburuk apapun kamu, walau sering maksiat, meski belum jadi orang yang baik, tetaplah shalat, karena dengan shalat kau akan memperbaiki hidupmu, dan dengan shalat Allah akan memberi petunjuk kepadamu.

3. Malu pada diri sendiri

Mengapa harus malu pada diri sendiri? Coba kita lihat orang yang sudah uzur, dan yang memiliki kekurangan fisik, namun mereka tetap istiqomah mengerjakan shalat. Lalu kenapa kita yang sehat wal’afiat malah malas-malasan sholat.

Pastikeren.id

4. Hadirkan Allah dalam shalat

Cara agar tidak malas melaksanakan sholat, maksudnya ketika kita shalat hendaklah kita merasa bahwa Allah sedang mengawasi kita. Setiap alfatihah yang kita ucapkan dalam shalat Allah balas dalam ayat-ayatnya.

Bayangkan ketika kita shalat Allah tersenyum pada kita, dan berkata “Aku bangga padamu wahai hambaku” dan juga bayangkan ketika kita sujud, Allah mengelus kita dengan Rahmatnya.

5. Jadikan shalat sebagai kebutuhan

Hal ini karena kita butuh syurga-Nya, ampunan dan rahmat-Nya. Ingat! Kita yang butuh Allah, bukan Allah yang butuh kita.

6. Malu sama Allah

Cara agar tidak malas melaksanakan sholat, pada saat kita hendak meninggalkan shalat atau melalaikan shalat, coba fikirkan setiap hari kita menikmari rezeki dari Allah yang tiada tara dan selalu diberi nikmat, tapi kita begutu lalai bersyukur dan berani meninggalkan shalat, yang sejatinya shalat itu adalah perintah dari Allah. Maka shalatlah!

Bandar online 24 jam

Demikian itulah cara agar tidak malas melaksanakan sholatsemoga tips diatas bermanfaat dan meningkatkan kamu dalam melakukan sholat 5 waktu.

Terima kasih!