Berita Gempa Terkini Magnitudo 6,2 Di Pasaman Guncang Puluhan Rumah dan Sekolah

Pasaman BaratBerita gempa terkini Magnitudo 6,2 mengguncang Pasaman Barat, Sumatera Barat, Jumat (25/2/2022) sekitar pukul 08.39 WIB dipicu aktivitas Sesar Besar Sumatera. Getaran gempat bumi Pasaman yang dilaporkan turut dirasakan di sejumlah daerah di Sumatera Barat seperti Nias, Gunungsitoli, Madina, dan Pekanbaru Riau.

Kepala Badan Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami pada BMKG, Daryono menjelaskan, gempa magnitudo 6,2 yang menguncang Pasaman Barat pada pagi ini merupakan gempa kerak dangkal. Gempa tersebut dipicu aktivitas Sesar Besar Sumatera.

“Gempa kerak dangkal M6,2 ini dipicu oleh aktivitas Sesar Besar Sumatera tepatnya pada Segmen Angkola bagian selatan, diperkirakan beroperasi destruktif/kerusakan,” kata Daryono melalui akun Twitter pribadinya @DaryonoBMKG, Jumat (25/2/2022).

Daryono memprediksi gempa pada terjadi di Pasaman Barat pada pagi ini berpotensi merusak.

Berita Gempa Terkini Magnitudo 6,2 di Pasaman guncang puluhan rumah dan sekolah

Guncangan gempa Pasaman terasa cukup kuat di wilayah yang dekat dengan pusat gempa.

“Gempa Magnitudo 6,2 ini terjadi gempa kerak dangkal atau shallow crustal earthquake yang dipicu aktivitas sesar aktif (active fault),” imbuhnya.

Menurut berdasarkan hasil penelusuran Daryono, wilayah Pasaman Barat pernah beberapa diguncang gempa yang berkekuatan besar. Dimana dalam catatan sejarah gempa di wilayah gempa M 6,2 saat ini pernah dilanda gempa merusak beberapa kali seperti yang terjadi pad tahun 1822, 1892, 1926 Mg 7,0, dan 1971 Mg 6,1.

Namun, BMKG meminta agar masyaratkat waspada terharap potensi gempa susulan.