Bagaimana Cara Otentikasi Taspen? 

PT Taspen (Persero) membuat aplikasi khusus untuk pensiunan agar lebih mudah melakukan otentikasi uang pensiunnya tanpa perlu ke Mitra Bayar atau Pos. Dibuat tahun 2018, aplikasi bernama Taspen Otentikasi bisa dengan mudah dan gratis diunduh di Google Play Store dan juga App Store.

Otentikasi dilakukan dengan memverifikasi wajah pensiunan yang sebelumnya sudah dimasukkan data biometrik/enrollnya ke sistem Taspen. Dalam 1 bulan, pensiunan hanya membutuhkan satu kali proses otentikasi.

Apabila ada kendala terkait proses otentikasi lewat aplikasi, pensiunan bisa tetap datang langsung ke Mitra Bayar atau Pos untuk mengambil uang pensiun.

Cara Cepat Otentikasi Taspen

Bagaimana cara otentikasi taspen? Berikut cara cepat otentikasi taspen.

1. Unduh (download) aplikasi Taspen Otentifikasi.

Bagaimana cara otentikasi taspen

2. Buka aplikasi dan izinkan aplikasi taspen.

3. Masukkan NOTAS (Nomor Taspen) atau Nomor Pensiunan dalam kolom. Lalu klik tombol Otentifikasi.

4. Perhatikan petunjuk yang diminta pendeteksi wajah. Tunggu sampai selesai.

5. Ikuti semua instruksi yang diberikan di layar, jika gagal, aplikasi akan otomatis mengulang prosesnya.

Bagaimana cara otentikasi taspen

6. Otentikasi berhasil. Layar akan menampilkan data enroll Anda.

Beberapa Penyebab Otentikasi Gagal

Bagaimana cara otentikasi taspen

Ada beberapa keadaan yang harus anda hindari dan hal yang membuat otentikasi gagal, agar proses otentikasi berjalan dengan baik. Diantaranya sebagai berikut :

  1. Pada proses otentikasi angka terdapat kekeliuran seperti : mengucapkan angka tidak sesuai urutan dilayar, pengucapan angka terlalu cepat, dan pengucapan angka suara berisik dan tidak jelas dan ada pula kasus mengucapkan angka bukan dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  2. Kesalahan pada proses otentikasi wajah yakni. Gerakan wajah tidak sesuai instruksi, Gerakan wajah terlalu cepat.
  3. Ketika proses otentikasi wajah menggunakan topi, jilbab menutupi wajah, memakai kacamata.
  4. Pencahayaan kurang, orang yang melakukan proses otentikasi berbeda dengan data biometrik/enroll, belum melakukan enrollment.
  5. Saat mengikuti intruksi terlalu cepat gerakannya.

Nah apabila anda menghindari beberapa kesalahan diatas kemungkinan besar anda akan berhasil dengan mudah melalui proses otentikasi. Walaupun proses ini dapat menyulitkan para pensiunan yang usianya tidak muda lagi. Namun disisi lain hal ini juga sangat memudahkan bari pensiunan. Kesulitan para proses otentikasi ini hanya untuk pertama kali saja.

Saya yakin untuk kedua dan ketiga kalinya akan semakin mudah karena anda akan terbiasa. Selain itu kita juga harus mendukung pemerintah agar lebih cepat dan mudah memantau proses pencairan dana pensiun. Pastikan pula Anda melakukan otentikasi setiap bulannya secara rutin agar uang pensiunan selalu turun tepat waktu.

Itulah informasi bagaimana cara otentikasi taspen?  Semoga informasi diatas bermanfaat dan dapat memperluas wawasan Anda.

Terima kasih!