Aston Villa Kalahkan Arsenal 1 – 0

Arsenal tumbang dalam lawatannya ke markas Aston Villa dalam lanjutan Premier League. The Gunners kalah 0-1 dan dipastikan finis di luar zona Eropa. Aston Villa meraih kemenangan penting melawan Arsenal pada lanjutan Liga Primer dengan skor 1-0, kemenangan ini menjaga persaingan lolos degradasi.

Aston Villa  sedikit bernafas panjang karena meraup hasil maksimal manakala berjumpa dengan Arsenal di Villa Park, Rabu (22/7). Mereka kini menyamai poin Watford yang kalah melawan Manchester City dengan skor telak 4-0.

Meski Arsenal sudah dipastikan gagal mengklaim spot Liga Europa, Pierre-Emerick Aubameyang cs bermain cukup solid.

Dalam laga Aston Villa vs Arsenal di Villa Park, pada Rabu (22/7/2020) dini hari WIB, tim tamu mendominasi penguasaan bola hingga 69%. Meski demikian, Arsenal kesulitan menciptakan peluang.

Meriam London dibuat mejan oleh Villa. Dari tujuh tembakan yang dilepaskan di sepanjang laga oleh Arsenal, tak ada satu pun yang mengarah ke gawang.

Sementara itu, gol semata wayang Villa tercipta di babak pertama. Trezeguet memanfaatkan bola dari sepak pojok untuk menjebol gawang Arsenal di menit ke-27. Cuplikan dari pertandingan ini bisa disaksikan di sini.

Dengan hasil ini, Arsenal dipastikan finis di luar zona Eropa. Tim arahan Mikel Arteta itu kini menempati peringkat ke-10 klasemen Liga Inggris dengan 53 poin dari 37 laga. Mereka sudah tak mungkin mengejar Wolverhampton Wanderers yang ada di peringkat keenam dengan 59 poin.

Sementara itu, kemenangan ini membawa Villa keluar dari zona degradasi. The Villans naik ke peringkat ke-17 dengan 34 poin, tapi hanya unggul selisih gol atas Watford. Kelanjutan nasib Villa di Premier League akan ditentukan di pekan terakhir, diulas dari tribunnews.com.

Statistik tim

Aston villa kalahkan Arsenal 1-0

Babak pertama

pertandingan dimulai, Aston Villa langsung mencoba menekan. 10 menit pertama tidak terlalu intens. Arsenal menguasai bola, tapi tidak ada peluang berarti.

Ritme ini berlanjut hingga menit ke-20. Arsenal masih menguasai bola, tapi kesulitan merancang serangan. Skuad The Gunners tampak kelelahan setelah berjuang mengalahkan Man City di semifinal FA Cup pekan lalu.

Perlahan-lahan pasukan Mikel Arteta mulai meningkatkan ritme permainan mereka, tapi Aston Villa masih bisa bertahan dengan baik. Menit ke-25, pertandingan distop sejenak untuk jeda minum.

Tepat setelah jeda, Aston Villa langsung menggebrak. Melalui tendangan sudut pertama mereka, bola dibelokkan Mings, yang kemudian disambut sepakan voli Trezeguet. Gol! Aston Villa 1- 0 Arsenal di menit ke-27.

Gol Villa jelas mengejutkan Arsenal, yang sebenarnya tampil lebih dominan. Sampai menit ke-40, Arsenal hanya bisa melepas satu tembakan dari dalam kotak penalti, padahal mendominasi 61% penguasaan bola.

Lima menit terakhir, tidak ada banyak perubahan. Skor 1-0 mengantar para pemain ke ruang ganti. Arsenal menguasai permainan sejak menit-menit awal. Meski demikian, tak ada peluang yang benar-benar mengancam gawang Villa.

Justru Villa yang membuka keunggulan lebih dulu di menit ke-27. Trezeguet membawa tuan rumah memimpin lewat tendangan dari dalam kotak penalti.

Gol ini berawal dari tendangan sudut Conor Hourihane yang sempat dibelokkan oleh Tyrone Mings. Bola kemudian mengarah ke Trezeguet yang tak terkawal kotak penalti. Dia kemudian melepaskan tembakan first time yang mengarah ke pojok bawah gawang Arsenal.

Baca juga : Cristiano Ronaldo Cetak Rekor Baru di Juventus

Meski menguasai jalannya laga, Arsenal tak banyak memberikan ancaman. Begitu Arsenal mencoba untuk mendekat ke gawang, Villa menutup ruang.

Villa menyerang balik. Jack Grealish yang menggiring bola dari sisi kiri kemudian melakukan tusukan dan melepaskan tembakan ke arah tiang jauh. Upaya Grealish itu melenceng tipis dari gawang Arsenal.

Di babak kedua

Arsenal mencoba menyuntikkan tenaga baru dengan memasukkan Nicolas Pepe dan menarik keluar David Luiz. Bukayo Saka juga digantikan oleh Kieran Tierney.

Keinan Davis nyaris menambah keunggulan Villa di menit ke-76. Grealish bergerak dari sisi kiri dan memberikan bola terobosan kepada Davis. Namun penyelesaian akhir Davis melebar melebar dari gawang Arsenal.

Arsenal juga hampir menyamakan kedudukan dua menit kemudian. Berawal dari tendangan sudut, bola ditanduk oleh Eddie Nketiah. Sial bagi Arsenal, bola mengenai tiang gawang dan kemudian diamankan oleh Pepe Reina.

Grealish kembali jadi motor serangan Villa. Setelah bergerak dari sisi kiri, Grealish mengoper kepada John McGinn yang ada di depan kotak penalti. McGinn kemudian melepaskan tembakan, tapi Emiliano Martinez masih bisa menepisnya.

Memasuki menit ke-60, Arteta mencoba membuat sejumlah perubahan. Dia mengubah formasi 3-4-3 jadi 4-3-3, Arsenal meningkatkan tempo serangan.

Arsenal terus mendominasi penguasaan bola, menghadapi Villa yang tampil disiplin dengan garis pertahanan mendalam. Meski begitu, The Gunners masih kesulitan menciptakan peluang matang.

Memasuki 15 menit akhir, Villa jelas mengubah ritme mereka. Pasukan Dean Smith bertahan mati-matian, mereka bertarung untuk keluar dari zona degradasi.

10 menit akhir, wajah-wajah frustasi mulai ditunjukkan tim tamu. Arsenal jelas kesulitan, pertahanan Villa terlalu rapi.

Percobaan Arsenal tak berujung manis. Tidak ada gol tambahan, The Gunners pulang dengan tangan kosong, sedangkan Villa berhasil mentas dari zona degradasi dengan satu pertandingan tersisa.

Arsenal yang masih mencari gol balasan terus mengurung pertahanan Villa di sisa pertandingan. namun tak ada gol tambahan yang tercipta di sisa laga.

Susunan Pemain

Aston Villa: Reina, Elmohamady (Guilbert 25′), Konsa, Mings, Targett, McGinn (Lansbury 93′), Luiz, Hourihane (Nakamba 73′), Trezeguet, Samatta (Davis 73′), Grealish

Arsenal: Martinez, Holding, Luiz (Pepe 60′), Kolasinac, Cedric (Willock 80′), Ceballos, Torreira (Xhaka 46′), Saka (Tierney 60′), Nketiah, Lacazette, Aubameyang